Pulau Sapudi Sumenep Penghasil Sapi Pacu Terbaik di Dunia

  • Whatsapp
Sapi karapan berlari dengan kencang dia arena perlombaan.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Ada aura mistis dalam setiap lomba karapan sapi di Madura. Bunyi bunyian musik tradisional yang mirip musik jaran kepang di Jawa, selalu mengiringi sebelum perlombaan dimulai.  Namun, di balik aura mistis itu juga selalu diwarnai dengan kemeriahan yang beriringan dengan suasana tegang.

"
"

Baca Juga

"
"

Dan begitu orang-orang berteriak Cul…saat hitungan aba-aba selesai, sorak sorai ribuan penonton pun menggema di lapangan. Sebagian penonton berhamburan mengikuti di belakang sapi yang berlari dengan kencangnya. Itulah gambaran keseruan di setiap lomba karapan sapi.

Tradisi karapan sapi sudah menjadi identitas dan harga diri orang Madura. Identitas daerah yang juga telah menjadi identitas Indonesia.    Saat karapan sapi berlangsung saat itulah para peserta lomba mengeluarkan sapi-sapi terbaiknya. Bukan sembarang sapi yang bisa digunakan untuk karapan, tetapi sapi-sapi pilihan yang adanya hanya di Madura. Demi harga diri, demi Madura demi Indonesia.

Membahas soal sapi-sapi terbaik untuk  karapan, di pulau Madura ada daerah penghasil sapi karapan yang konon terbaik di dunia. Tempatnya berada di pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep Jawa Timur.  Pulau Sapudi merupakan salah satu kecamatan pengembang biak sapi terbaik dan tercepat dalam setiap ajang Lomba Kerapan Sapi di Madura yang siap go international mengangkat nama Indonesia.

Di kalangan pecinta karapan sapi,  sudah masyhur jika  Kecamatan Gayam, Sumenep juga dikenal sebagai salah satu tempat penghasil dan pengembang biak sapi terbaik dan tercepat di Indonesia.

Sapi dari Sapudi Dikenal Kuat dan Tahan di Segala Musim

Kenapa sapi dari Sapudi dikatakan terbaik? Itu karena ras dan populasi sapi di wilayah Madura sangat dijaga. Sehingga peranakannya tidak tercampur-ampur dengan sapi dari daerah lain.

Beberapa indikasi istimewanya sapi Madura. Yaitu dikemal  memiliki  fisik yang mampu bertahan dalam kondisi cuaca apapun, termasuk di cuaca kemarau yang ekstrem. Sapi betina Madura yang kurus karena kekurangan pakan pun juga masih bisa hamil.

Fisik yang kuat itu terbentuk dari persilangan antara banteng dengan Bos Indics atau sapi Zebu. Di mana secara genetik, memiliki sifat toleran terhadap iklim panas serta tahan terhadap serangan caplak. Sehingga sapi semacam ini sangat cocok untuk karapan yang membutuhkan tenaga kuat.

Selain itu untuk dagingnya juga istimewa. Daging sapi Madura memiliki warna merah cerah. Teksturnya empuk dan  berserat halus serta rendah lemak. Keunggulan lainnya, karkas (berat daging sapi tanpa kepala, kaki, jerowan, dan kulit) daging sapi Madura mencapai 48 persen dari berat badan sapi.

Menurut data, sapi dari daerah lain di Pulau Jawa, berat karkasnya 45 persen. Sapi Bali berat karkas mencapai 51 persen dari berat badan sapi. Tapi sapi Bali tulang belulangnya kecil, lebih besar tulang sapi Madura.

Bahkan di Pulau Sapudi (Sumenep), populasi sapi lebih banyak daripada jumlah penduduknya. Di sana, ada  sekitar 50 ribu sapi. Sedangkan jumlah penduduknya 40 ribuan orang. (nurul anam)

Post Terkait

banner 468x60