Patirtan Candi Penataran, Dipercaya Bertuah dan Berkhasiat

  • Whatsapp
Berkhasiat karena
Air kolam Candi Penataran dipercaya berkhasiat (Foto: Erliana Riady/detikcom)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Jika berkunjung ke Candi Penataran atau Palah di Kecamatan Nglegok ini, jangan sampai ketinggalan menengok bagian paling belakang. Karena di situlah letak Patirtan Candi Panataran yang dipercaya bertuah. Posisinya berada di bawah sisi kanan areal candi utama.

BACA JUGA : Ngabuburit Menikmati Senja Alam Terbuka Candi Prambanan – Nusadaily.com

Baca Juga

Pijakan berundak batu andesit yang tertata rapi, akan membawa kita menuju sebuah kolam dengan panjang sekitar 2 meter dan lebar 1 meter. Dikutip Nusadaily.com dari detik.com, ketika memasukkan galah bambu panjang hingga menyentuh dasar kolam, kedalaman kolam itu 175 cm.

Karena airnya sangat jernih, tampak jelas beragam ikan koi beraneka warna dengan riang berenang. Menurut warga setempat yang lahir dan besar di dekat kolam, Sujarwo, dulu kolam ini berisi ikan lele lokal dan Wader.

BACA JUGA : Presiden Jokowi: Candi Prambanan Bisa Jadi Sumber Pembelajaran, Riset dan Wisata – Noktahmerah.com

“Ikan Lele lokal itu mulai punah sekitar tahun 1980an. Lalu orang-orang yang mensucikan diri di sini mulai membawa benih-benih ikan koi dan berkembang sampai sekarang,” kata Sujarwo kepada detikcom, Senin (31/5/2021).

Meski ikan yang hidup sekarang bukan habitat asli, namun tak seorangpun berani mengambil apalagi memasaknya. Karena lokasi Patirtan Candi Panaataran ini masih dipercaya sebagai tempat suci, untuk mensucikan diri sebelum beribadah di Candi Palah.

“Pernah ada pendekar asli sini yang mencoba mengambil lele, kena musibah juga. Jadi di sini (Kolam Penataran), Kolam Sumber Monte Krisik dan Ngujang itu tidak boleh diambil ikannya, kalau tidak pengen kena bencana,” tandasnya.

BACA JUGA : Cegah COVID-19, Kawasan Wisata Percandian Muara Jambi Ditutup Sementara – Beritaloka.com

Karena dipercaya sebagai tempat suci, tak sedikit pengunjung memanfaatkan air kolam untuk membasuh muka agar awet muda. Mereka juga banyak yang membawa pulang untuk dipercikkan ke barang-barang dagangan agar lebih laris. Ada juga yang membawa pulang dan meyakini berkhasiat mengobati beragam penyakit.

Air dari Kolam Penataran

Seperti pengunjung asal Gresik, Mujiono yang datang bersama keluarganya. Pria ini sengaja membawa jirigen ukuran sedang untuk diisi air dari kolam Penataran. Pedagang ikan warga asli Blitar ini selalu menyempatkan mampir ke destinasi wisata candi untuk mengambil air di sini.

“Saya asli Blitar. Rasanya kurang sreg kalau balik Gresik ndak bawa air dari sini. Ya biar dagangan saya laris, bisa buat obat kalau capek, pegel-pegel. Dan saya percaya, kalau air di sini bertuah,” tuturnya.(tan/han)