Misteri Gunung Merapi Juga Ada di Gunung Wutoh dan di Kawah (4)

  • Whatsapp
Bekas erupsi Gunung Merapi di desa Balong (http://fotoindonesiatempodoeloe.blogspot.com/)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – YOGYAKARTA – Selain Pasar Bubrah, nama Gunung Wutoh juga dianggap sebagai tempat yang cukup angker di Gunung Merapi. Lokasi tersebut dipercaya sebagai pintu gerbang utama menuju Keraton Merapi yang terletak di kawah puncaknya.

Baca Juga

Terkait dengan cerita Kawah Merapi akan diceritakan dalam tulisan berikutnya. Karena di sana ada mitos sebuah keratin yang penuh dengan aura mistis.

Sementara itu kembali ke Gunung Wutoh, sebagian masyarakat percaya jika Gunung Wutoh ini dijaga oleh makhluk halus yang bernama “Nyai Gadung Melati”. Siapakah Nyai Gandung Melati sebenarnya?

Dilansir dari situs cahyogya.com, Nyai Gadung Melati merupakan pemimpin pasukan Keraton Merapi. Dia memiliki tugas untuk melindungi lingkungan serta hewan ternak yang ada di kawasannya. Nyai Gadung Melati seringkali menampakkan diri dalam mimipi penduduk sekitar Gunung Merapi. Biasanya dia mengenakan pakaian berwarna hijau daun melati. Mimpi itu biasanya dianggap sebagai pertanda akan terjadi letusan dalam waktu dekat.

Selain lokasi angker di atas, masih banyak tempat lainnya di Gunung Merapi yang dianggap angker dan tersebar di berbagai wilayah. Tempat-tempat tersebut di antaranya adalah Bukit Turgo, Telaga Putri, Muncar, Goa Jepang, Plawangan, Bebeng, Ringin Putih, Umbul Temanten, dan Watu Gajah.

Beberapa hutan juga dianggap memiliki aura mistis yang sangat kuat seperti Hutan Gamelan dan Bingungan serta Hutan Pijen dan Blumbang. Hutan Patuk Alap-alap juga dianggap angker karena dipercaya sebagai tempat penggembalaan ternak milik Keraton Merapi.

Tentang cerita-cerita mistik itu, memang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Akan tetapi kepercayaan masyarakat yang turun temurun seakan menjadikan kepercayaan itu adalah nyata adanya. Apalagi ditambah kejadian-kejadian yang aneh yang kerap terjadi yang mewarnai aktivitas Gunung Merapi tersebut. (aka/bersambung)

Post Terkait

banner 468x60