Kota Saranjana, Kota Gaib yang Cerita Misterinya Tak Pernah Sirna

  • Whatsapp
Ilustrasi kota mistis Saranjana. (foto: grid.id)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTABARU – Membincangkan kota gaib Saranjana seperti tidak ada habisnya. Maklum, cerita misteri yang beredar dari mulut ke mulut sudah terjadi lama dan berlangsung hingga kini. Kegaiban kota tersebut memantik siapa saja yang mendengar cerita menjadi tertarik.

Baca Juga

Saranjana  disebut-sebut sebagai kota gaib yang secara administratif (di dunia nyata) masuk Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.Nama Saranjana masyhur di jagat Nusantara.

Namun, seperti dilansir dari grid.id, letak pastinya hingga kini tidak diketahui selain letaknya ada di Pulau Halimun yang sering dikenal Pulau Laut, dimana ibu kota Kabupaten Kotabaru bertempat.

Kabarnya, penduduk Kota Saranjana secara fisik sama dengan manusia. Namun mereka semua secara fisik lebih cantik untuk perempuan dan prianya gagah.

Mereka juga semua ramah-ramah dan bahasa yang digunakan untuk percakapan adalah Bahasa Banjar.

Katanya, jika manusia masuk ke Kota Saranjana tidak ingin pulang lagi ke alam nyata karena takjub dengan kotanya.

Pada malam hari, di sekitar Gunung Saranjana, bila memang ditakdirkan bisa mendengar suara-suara dari Kota Saranjana.

Bisa terdengar suara alunan musik, atau kendaran yang lalu lalang. Bahkan ada cerita mobil-mobil mewah pesanan warga Saranjana dari Surabaya, tapi tidak tahu asal pemilik atau pemesannya.

Begitu pula kisah lain tentang kapal ferry yang mengangkut banyak penumpang dari Tanjung Serdang Kotabaru, namun begitu merapat ke Pelabuhan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, mendadak sepi.

Katanya disebut-sebut sebagai orang-orang dari Kota Saranjana. Walalhualam, kisah dari mulut ke mulut ini merupakan mitos yang berkembang di masayrakat, namun belum bisa dibuktikan.

Namun, mau tidak mau, percaya atau tidak di dunia ini selalu ada hal-hal yang gaib.(aka)

Post Terkait

banner 468x60