Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaCultureKisah Mistis Pendakian Gunung Merbabu dari Pendaki, Ada yang Bertemu Hanoman

Kisah Mistis Pendakian Gunung Merbabu dari Pendaki, Ada yang Bertemu Hanoman

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang mempunyai banyak spot yang membuat kita seolah-olah berada di dunia fantasi. Selain keindahannya, Merbabu juga menyimpan rahasia dan misteri.

Gunung Merbabu mungkin menjadi salah satu destinasi wajib dikunjung bagi para pendaki. Keindahan alam yang ditawarkan mampu membuat setiap orang tak bisa berpaling. Tak heran, banyak pendaki yang menyempatkan diri untuk menjelajahi keindahan alam gunung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut dan kemudian mengabadikan momen terbaiknya.

Namun, di balik semua keindahan alam yang mengagumkan itu, ada perjalanan seru dengan berbagai cerita di dalamnya. Salah satunya kisah mistis yang bisa membuatmu bergidik ngeri.
Walau terasa tidak menyenangkan, kisah mistis selama perjalanan di Gunung Merbabu menjadi ‘bumbu-bumbu’ dalam proses menuju puncak dan menaklukkan tantangan. Seperti apa kisahnya? Simak lima kisah mistis di Gunung Merbabu yang kumparan kupas dari para pendaki.

Sosok Bayangan Misterius di Sabana I

Sabana I ke Merbabu via Selo (Foto: Wikimedia Commons)

Azwar Annas (30) adalah seorang karyawan di salah satu perusahaan media digital di Jakarta. Selama rentang tahun 2013-2015, ia sudah menjajaki Gunung Merbabu sebanyak sembilan kali. Tapi, selama sembilan kali pendakian, ia baru satu kali merasakan pengalaman bertemu makhluk astral di Merbabu.

Kejadian tersebut bermula pada tahun 2014, saat itu ia sedang mendaki bersama rombongan pendaki lainnya. Karena kelelahan dan tidak kuat, ia dan rombongan berhenti di Sabana I, yaitu sebuah area padang rumput yang berada di pertengahan Pos 2 dan Pos 3.

BACA JUGA: Kisah Hantu Lastri, Kembang Desa asal Pati yang Menuntut Balas

“Secara pribadi sih aku enggak pernah dengar mitos Merbabu, karena orang yang mau naik gunung itu seharusnya enggak boleh tahu dulu supaya tidak terbebani. Waktu itu, kondisinya malam hari sekitar kurang dari jam 12, kita memutuskan untuk istirahat karena enggak kuat.
Lagi istirahat, aku enggak sengaja lihat bayangan hitam gede banget, kayak pepohonan. Padahal, kan logikanya di sabana mana ada pohon.

Dan kondisinya juga bulan purnama, jadi terang banget. Karena penasaran, aku tanya ke teman aku, siapa tahu ada yang lihat bayangan hitam gede, tapi katanya dia enggak lihat,” ceritanya.

Ia baru menyadari bahwa bayangan itu adalah makhluk astral setelah mendengar penuturan warga lokal ketika pria asal Rembang tersebut menceritakan kisahnya setelah turun gunung.

Diikuti Mbak Muka Rata dan Teman Kesurupan

Beberapa saat sebelum Ilham mengalami kesurupan. IG @oemplong

Lain halnya dengan kisah sebelumnya, kali ini cerita tersebut hadir dari Sre, salah satu tim redaksi Nusadaily.com. Diceritakannya jika dia pernah mendaki Gunung Merbabu bersama tiga temannya dan mengalami kejadian janggal hingga salah satu temannya mengalami kesurupan.

“Saya berangkat lewat Selo, kita pendakian malam waktu itu, ya karna kalau malam kan enak. Rencananya mau langsung sampai sabana, trus ngecamp,” urainya mengawali cerita.

Setelah lebih satu jam berjalan dari pos awal pendakian, Sre dan rombongan tidak berpapasan dengan satu pun pendaki.

“Harusnya dari titik pemberangkatan ke pos 1 kan 45-60 menit. Nah itu hampir setengah jam kok gak nemu-nemu, nggak papasan sama orang juga, padahal rame,” lanjutnya.

Selama perjalanan, Sre memang merasa merinding namun dia tak memperdulikannya. Ada hal aneh yang membuatnya agak khawatir. Sepanjang jalan, salah satu temannya, Ilham, selalu merunduk dan menunjukkan gelagat tak biasa dengan sesekali tercium bau wangi.

Apa yang ditakutkan ternya terjadi juga. Ilham yang duduk di bawah pohon tak menyahut ketika diajak berbicara, selang beberapa waktu, Ilham menangis, namun yang keluar suara wanita.

Seluruh rombongan panik dan mencoba menenangkan, namun gagal, alhasil mereka sepakat untuk menggotong Ilham yang kesurupan menuju titik pemberangkatan dan meminta bantuan warga sekitar.

Setelah sadar, Ilham bercerita jikalau sejak memasuki hutan yang menanjak ada sosok wanita yang bermuka rata yang terus menguikuti dan tiba-tiba dia tak sadarkan diri setelah sosok tersebut menabraknya.

Hanoman di Jalur Hutan Pinus

Hutan pinus vis Suwanting.

November 2017 lalu, Jonathan Zilliwu, mahasiswa salah satu universitas negeri di Semarang mendaki Merbabu bersama teman dan kekasihnya melalui jalur Suwanting. Menurut penuturan pria yang akrab dipanggil Jo tersebut, saat melewati kawasan hutan pinus, ia merasa diikuti oleh sesuatu yang ia tidak ketahui.

“Katanya tempat itu ditinggali sosok kera putih, hanoman. Tapi kalau kata teman-temanku yang lain, wujudnya mirip pohon pisang. Kalau yang bisa ‘lihat’, dia bisa melihat hanoman itu pindah dari pohon ke pohon, tapi kalo yang bisa ‘merasakan’, katanya dia ngerasain pohon pisangnya pindah-pindah tempat.

Aku sendiri enggak merasa ada pohon pisang atau melihat hanoman, cuma aku ngerasa ada yang mengikuti dari belakang,” ujar pria asli Subang tersebut, dilansir dari kumparan.com. (kal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...