Kisah Hantu Lastri, Kembang Desa asal Pati yang Menuntut Balas

  • Whatsapp
Ilustrasi hantu.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PATI – Kisah hantu Lastri telah menjadi semacam cerita tutur tinular bagi masyarakat wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya.

Menurut penuturan warga sekitar, hantu tersebut sering menampakkan diri pada malam hari. Hantu tersebut sering menggoda sopir-sopir yang melintas dengan menjelma sebagai gadis cantik di pinggir jalan.

Dari cerita tutur tinular yang beredar, sosok hantu Lastri, kembang desa wilayah Pati tersebut dulunya dibunuh suaminya.

Kembang desa tersebut bernama Muthi’ah. Ia merupakan wanita cantik yang dibunuh oleh suaminya sendiri. Setelah meninggal, arwah Muthi’ah sering kali menghantui pria-pria yang memiliki niat jahat terhadap wanita.

Saat masih hidup, Muthi’ah menikah muda dengan pria yang ia cintai di usia 16 tahun. Namun setelah bertahun-tahun, wanita yang dikenal anggun dan cantik itu tidak kunjung hamil dan memberikan keturunan kepada sang suami.

BACA JUGA: Hantu Legend Kampus Kota Malang (2/Habis)

Tapi sayangnya, bukannya memberikan dukungan kepada sang istri, sang suami malah berselingkuh. Suami Muthi’ah diketahui selingkuh dengan tetangganya sendiri. Lebih parahnya lagi, ia berencana untuk membunuh Muthi’ah.

Suami Muthi’ah bernama Kesing ini menyusun rencana keji untuk menghabisi nyawa istrinya sendiri. Ia menyuruh orang untuk memperkosa istrinya sendiri. Muthi’ah pun diperkosa oleh suaminya dan dua orang suruhannya dengan cara keji.

Bahkan yang lebih sadis lagi, Muthi’ah dibunuh dengan cara dicekik sampai meninggal oleh Kesing. Kemudian jasadnya disemayamkan di daerah Geneng, Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Gentayangan

Sejak kejadian tersebut, hantu Lastri atau Muthi’ah sering menampakkan diri kepada seorang lelaki yang memiliki niat jahat kepada wanita. Hantu Lastri juga kerap meminta tumpangan kepada pengendara motor atau mobil. Bahkan dirinya bisa dengan tiba-tiba duduk di belakang kursi mobil.

Konon, masyarakat sekitar sering melihat sosok hantu Lastri berjalan di daerah sekitaran Geneng sehingga warga pun takut untuk melintasi daerah ini. Walaupun sering menampakkan diri, hantu Lastri hanya ingin balas dendam kepada suaminya karena dia telah diperlakukan secara keji saat masih hidup.

BACA JUGA: Hantu Legend Kampus Kota Malang (1)

Kisah tragis dibalik kematian Muthi’ah memang begitu menyedihkan. Apalagi semasa hidup Muthi’ah dikenal sebagai wanita yang baik. (kal)