Kenalkan Budaya Kepada Anak-Anak Lewat Cokelat Topeng

  • Whatsapp
FOTO: Amanda Egatya
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Seorang pelaku usaha asal Kota Malang membuat kreasi unik dari cokelat, yakni bentuk Topeng Khas Malangan. Camilan manis tersebut dibuat untuk memberikan edukasi terhadap anak-anak. Bahkan, sudah berhasil di ekspor hingga Eropa.

Pembuatan cokelat topeng tidak jauh berbeda dengan yang lain. Bahan dasar yang merupakan cokelat pilihan dilelehkan terlebih dahulu. Kemudian, dicetak dan diukir sesuai dengan desain topeng khas Malangan.

"
"

Baca Juga

"
"

“Kami pakai cokelat khusus, untuk memudahkan mencetak topeng. Sebab, mengukir beberapa bagian topeng harus betul-betul teliti dan agak sulit,” terang Djoko Rendy, Pemilik Usaha Cokelat Topeng Nareswari, Selasa (8/9).

Djoko menjelaskan, cokelat berbentuk topeng tersebut dicetak dalam berbagai ukuran. Mulai dari ukuran kecil hingga paling besar berukuran 23 cm.

BACA JUGA: Kopi Giras Khas Sudut Kota Mojokerto, Jujukan Pemuda Cari Inspirasi

“Paling besar seukuran topeng asli. Harganya Rp 350 ribu. Kalau yang kecil-kecil, harganya mulai Rp 3 ribuan,” papar dia.

Lebih lanjut, Djoko menjelaskan, cokelat unik tersebut tidak hanya dilirik oleh masyarakat lokal saja. Namun, juga laris di pasar Eropa.

“Kami sudah melakukan ekspor ke Jerman dan Perancis. Selain dijadikan camilan, cokelat ini kebanyakan dijadikan souvenir pernikahan juga. Bisa tahan lama hingga enam bulan, asal tidak terkena panas,” jelas dia.

BACA JUGA: Sensasi Minuman Buah di Alcedo Kafe, Tempat Ngopi Hits Kota Malang

Tak hanya cokelat, Djoko juga membuat produk lain. Seperti Bakso dan Jelly Topeng hingga Peyek Jaran Kepang.

“Camilan-camilan ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada anak-anak. Agar mereka mengenal budaya aslinya,” sambung dia.

Saat ini, sajian camilan tersebut hanya tersedia di Pasar Seni Bareng dan dibuat sesuai dengan pesanan masyarakat.

“Ke depan, kami berharap, kami memiliki space tersendiri dan bisa melakukan ekspansi ke beberapa tempat,” pungkas dia. (nda)

Post Terkait

banner 468x60