Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaCultureKamu Tahu Aspal? Yuk Pelajari Sejarahnya

Kamu Tahu Aspal? Yuk Pelajari Sejarahnya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Aspal yang saat ini kita lihat dan banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan jalan mempunyai sejarah yang sangat Panjang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sejarah penggunaan aspal telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi oleh bangsa Sumeria dan Mesopotamia. Mereka menggunakan aspal (sering disebut bitumen) sebagai lapis pengedap untuk bak mandi maupun kolam-kolam air di istana dan kuil.

Baca Juga: Ya Ampun… Jalan Aspal Pertama di Dunia Ada Sebelum Masehi

Tentu saja aspal yang digunakan adalah aspal yang didapat secara alami. Aspal terdapat di alam dalam bentuk lake asphalt (seperti dodol) dan rock asphalt (biasanya keras, campuran dari aspal, tanah, kapur, dan lempung).

Aspal tercatat pertama kali digunakan sebagai bahan konstruksi jalan, terjadi di Babilonia sekitar tahun 625 SM pada masa kekuasaan Raja Naboppolassar seperti yang tercatat dalam prasasti peninggalannya.

Istilah aspal berasal dari bahasa Yunani kuno asphaltos, kemudian bangsa Romawi mengubahnya menjadi asphaltus, lalu diadaptasi ke dalam bahasa Inggris menjadi asphalt, dan kita menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi aspal.

Baca Juga: Ketua Komisi C DPRD Jember Kelupas Aspal Pakai Jari, Bukan Hoax! Begini Penjelasan Dinas PU Bina Marga

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily