Minggu, September 25, 2022
BerandaCultureIni Penyebab Air Zamzam Tidak Pernah Habis

Ini Penyebab Air Zamzam Tidak Pernah Habis

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Air zamzam, meski sudah berumur 4 ribu tahun tak juga mengering meski disedot jemaah haji dan warga Mekah selama ribuan tahun.

Sumur Zamzam, berasal dari zaman Ismail Ibn Ibrahim SAW, yang terletak di sebelah timur Ka’bah atau sekitar 21 meter dari halaman Masjid Al-Haram.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sumur Zamzam itu secara ajaib mengeluarkan air ketika putra Ibrahim, Ismail, kehausan dan menangis di padang pasir bersama ibunya, Siti Hajar.

BACA JUGA: Soal Gibran Dijanjikan PDIP ke Pilgub Jateng-DKI: Agar Jokowi Dukung Capres Pilihan Megawati

Menurut Pusat Studi dan Penelitian Zamzam Saudi Geological Survey, nama Zamzam berasal dari frasa Zome Zome, yang berarti ‘berhenti mengalir,’ sebuah perintah yang diulangi oleh Hajar selama upayanya untuk menahan mata air yang terus mengalir sat itu.

Dilansir Egypt Today, dokumen-dokumen sejarah menunjukkan bahwa kedatangan Ismail ke Mekah sekitar tahun 1910 SM, merupakan tahun munculnya Zamzam. Sejak saat itu, atau lebih dari 4.000 tahun lamanya, air zamzam terus disedot dan tidak pernah habis.

Air tersebut juga menjadi buruan utama jemaah haji dan umroh dari seluruh dunia setiap tahunnya, selain menjadi sumber utama pasokan air di wilayah Mekah dan sekitarnya.

BACA JUGA: KSAD Dudung Kerahkan Dandim – Danramil dan Babinsa Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

Seorang profesor geologi dan sumber daya air di Institut Penelitian Afrika Abbas Sharaqi mengatakan air Zamzam di Mekah itu merupakan “air terbarukan”.

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Marc Marquez Akhirnya Finis Tanpa Celaka di MotoGP Jepang 2022

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Marc Marquez yang mulai dari posisi pole, akhirnya finis keempat MotoGP Jepang 2022. Setidaknya, Marquez tuntaskan balapan tanpa celaka, sempat...