Ini Asal Usul Bulan Desember

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Ada banyak yang merindukan bulan Desember. Sehingga muncul lagu lagu romantic di bulan ini. Sebut saja Back to December yang dibawakan Talyor Swift, A Long December oleh Counting Crows hingga Desember Kelabu yang dibawakan oleh Yuni Shara dan masih banyak lagi.

Jika ditanya tentang bulan Desember barangkali orang akan menyebut bulan ke-12 dari penanggalan Masehi. Padahal menurut Wikipedia, decem berarti sepuluh.

Baca Juga

Desember diberi nama dari bahasa latin, Decem yang berarti sepuluh. Sehingga Desember berarti bulan kesepuluh. Ini karena sebenarnya dahulu bulan dimulai dari Bulan Maret. Awalnya musim salju setelah bulan Desember tidak terhitung sebagai bulan apapun.

Seperti dilansir Tribunnews, setelah musim salju berakhir barulah kembali dihitung bulan pertama yaitu, Maret. Seiring waktu, bulan Januari dan Februari pun ditambahkan untuk menamai bulan setelah musim Salju. tetapi, nama Desember tidak berubah.

Dalam masyarakat Jawa, Desember diartikan sebagai Bulan gede-gedene sumber atau berlimpahnya air. Karena pada bulan ini Indonesia mengalami musim penghujan. Diikuti dengan bulan Januari yang diartikan sebagai hujan sehari-hari.

Orang yang lahir pada Bulan Desember memiliki zodiak Sagitarius dan Capricorn.

Bulan Desember memiliki simbol bunga narcissus. (aka)