Gus Dur Tak Mau Beda Bedakan Tamu Saat Nikahkan Putrinya

  • Whatsapp
Haul ke- 11 Gus Dur yang digelar Gusdurian Kanjuruhan secara virtual, sabtu (9/1) di kampus Unira Kepanjen.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Ada banyak cerita menarik tentang sosok Gus Dur yang terungkap dalam Haul ke-11 Gus Dur yang digelar secara virtual oleh Gusdurian Kanjuruhan Kabupaten Malang, Sabtu, (9/1). Salah satunya yang disampaikan oleh Alissa Wahid putri Gus Dur yang menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut.

Baca Juga

Menurut Alissa, suatu ketika dirinya ngobrol dengan Gus Dur soal kegiatan pasca kuliah. Menurut dia, Gus Dur membebaskan Alissa untuk aktivitas setelah kuliah. Boleh kerja, boleh kuliah lagi atau boleh menikah.

Namun kalau soal menikah Gus Dur berpesan agar tidak membeda bedakan tamu ketika mengadakan pesta pernikahan. Sehingga ketika pesta pernikahan berlangsung tidak ada perbedaan antara tamu orang biasa atau tamu para pejabat. Semuanya masuk lewat pintu yang sama dan makan di tempat yang sama. “Karena bagi Gus Dur semua tamu itu istimewa,” kata Alissa.

Selain itu menurut Alissa, Gus Dur tidak suka anak-anaknya membawa bawa Gus Dur dalam setiap kegiatan. Misalnya ketika Alissa melakukan KKN di Jawa Tengah, dia pamit kepada Gus Dur. Waktu itu Gus Dur berpesan kalau Gus Dur tidak bisa menjenguk.

Awalnya Alissa heran dengan alasan ayahnya yang mengatakan tidak akan menjenguk, padahal Alissa juga tidak ingin dijenguk. “Saya juga nggak ingin dijenguk, mahasiswa KKN dijenguk orang tua, malu lah,” katanya dalam acara haul tersebut.

Belakangan dia baru mengerti maksud ucapan Gus Dur tersebut. Yaitu Gus Dur tidak ingin anaknya direpotkan karena tahu dia anaknya Gus Dur. Pesan yang bisa ditangkap bahwa Gus Dur tidak ingin anak-anaknya ‘menjual’ nama Gus Dur.

Selain itu, semasa kulih di Jogja, Alissa sering diminta Gus Dur untuk membelikan kaset wayang. Biasanya Gus Dur pesan wayang dengan judul judul tertentu. Sehingga Alissa pun mencari kaset muter-muter di Jogja. “Gus Dur memang suka sekali dengan wayang,” katanya. (aka)

Post Terkait

banner 468x60