Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaCultureGunung Semeru Lebih Mewakili Karakter Orang Jawa Dibanding Merapi

Gunung Semeru Lebih Mewakili Karakter Orang Jawa Dibanding Merapi

NUSADAILY.COM – MALANGGunung Semeru dan Merapi adalah dua gunung aktif yang kerap menjadi perbincangan terkait hal mistisnya. Dua gunung ini jika diamati memiliki karakter yang berbeda.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House


Misalnya, terkait tanda-tanda meletusnya, Gunung Merapi jauh lebih sering disampaikan peringatannya sehingga kerap muncul berita tentang waspada erupsi Merapi.


Akan tetapi meski sudah distatuskan waspada atau siaga, Merapi kadang tidak meletus sebesar yang diduga. Kadang hanya erupsi kecil saja. Hal ini sedikit berbeda dengan Gunung Semeru yang lebih ‘diam’ sebelum meletus. Seperti yang terjadi pada 4 Desember 2021 kemarin. Seakan tak mau basa basi Gunung Semeru langsung meletus dan menghetakkan semua orang. Glerr….


Jika dilihat dari karakter dua gunung ini, Gunung Semeru bisa lebih dimiripkan dengan karakter orang Jawa yang tidak suka banyak kata. Orang Jawa kadang lebih banyak diam sebelum dia melancarkan ‘serangan’. Diamnya orang Jawa, konon menjadi senjata yang sangat membingungkan lawan. Tak heran jika kemudian muncul istilah diam-diam menghanyutkan.


Berbeda dengan Gunug Merapi yang selalu ramai diberitakan tetapi tidak selalu menjadi kenyataan tentang kedahsyatan letusannya. Memang, Gunung Merapi juga pernah meletus sangat dahysat. Tetapi lebih banyak letusan kecil seperti hanya memuntahkan lahar panas biasa.


Maka, di kalangan orang Jawa, istilah rame tetapi kenyataannya tidak seramai yang dibicarakan itu diistilahkan gluduk tanpo udan. Hanya ramai tapi tidak sesuai kenyataan. Sehingga karakter Gunung Marepi sepertinya kurang tepat untuk menggambarkan karakter orang Jawa.


Namun, ini hanya perkiraan dan reka-reka. Tidak perlu ditanggapi secara serius. Yang jelas antara gunung dan manusia adalah makhluk yang berbeda yang barangkali tidak bisa disama-samakan.(*)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily