Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaCultureBintang Tsurayya yang ‘Akan Mengusir’ Virus Corona Berjarak 410 Tahun Cahaya dari...

Bintang Tsurayya yang ‘Akan Mengusir’ Virus Corona Berjarak 410 Tahun Cahaya dari Bumi

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Gugus bintang Tsurayya atau klaster Pleiades yang dipercaya sebagian orang akan mengusir corona ini berisikan setidaknya 800 bintang. Yang nama jarak nya dari bumi adalah 410 tahun cahaya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir republikaonline, satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya yang bergerak melewati ruang hampa udara dengan kecepatan 300 ribu kilometer per detik selama satu tahun. Artinya, satu tahun cahaya ini setara dengan 9,46×10^12 kilometer. Angka 9,46 diikuti di belakangnya dengan angka nol sebanyak 12.

Gambaran simpelnya, jarak bumi ke bulan 1,3 detik cahaya, ke matahari 8,3 menit cahaya, ke Pluto 5,3 jam cahaya, ke Proxima Centauri 4,3 tahun cahaya. 

Artinya, jarak bumi ke gugus bintang Tsurayya (Pleiades) memakan waktu 410 tahun bila menggunakan wahana yang kecepatannya setara 300 ribu kilometer per detik. Satu detik mencapai jarak 300 ribu kilometer.

Pleiades merupakan contoh dari klaster bintang terbuka. Gugus bintang yang terbentuk, semuanya terlahir pada waktu yang sama dari kumpulan gas dan debu yang berukuran super raksasa. 

Bintang paling terang di klaster ini bersinar biru panas yang terbentuk sekitar 100 miliar tahun lalu. Kecemerlangannya yang tinggi membuatnya sangat terang dan cepat terbakar.  “Hanya beberapa ratus juta tahun sudah habis, lebih pendek usianya ketimbang matahari kita,” demikian dikutip dari Space.com.

Ada tujuh bintang paling terang dalam gugus ini. Mereka bernama Alcyone, Atlas, Electra, Merope, Taygete, Pleione, dan Maia. Alcyone merupakan bintang paling terang. Ukuran bintang tersebut rata-rata lebih kecil dari matahari di tata surya kita.

Galileo Galilei adalah astronom pertama yang mengamati Pleiades melalui teleskop. Dia mempublikasikan pengamatannya pada Maret 1610 dengan menyebut Pleiades berisi 36 bintang.(aka)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily