Berikut Suku di Indonesia yang Diduga Ada Keturunan Yahudi

  • Whatsapp
Tugu Minorah setinggi 62 kaki di Manado, Sulawesi Utara (Wray for The New York Times)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Ada beberapa suku bangsa di Indonesia yang diduga bercampur dengan keturunan Sepuluh Suku Israel yang ‘Hilang’ pasca peristiwa pembuangan Asiria (Asyur) pada tahun 721 SM.

Suku-suku tersebut yaitu Suku Nias dan Batak di Sumatera Utara, Dayak di Kalimantan, Talaud, Sangihe dan Minahasa di Sulawesi Utara, Toraja di Sulawesi Selatan, Sumba dan Suku-suku lainnya di Nusa Tenggara Timur/NTT (Flobamora), Alef’uru dan Suku-suku Raja lainnya di Maluku seperti yang termuat di wikipedia.

Baca Juga

Suku Yahudi bisa berbaur karena karakteristik sosial dan budaya yang sama dari Indonesia yang difasilitasi ekonomi luar biasa, politik, dan keberhasilan sosial dari komunitas Yahudi Indonesia juga memberikan kontribusi untuk asimilasi.

Apalagi juga disebutkan perkawinan silang antar suku meningkat dari kira-kira 55 persen pada tahun 1944 menjadi sekitar 90 persen – 99 persen pada tahun 2004. Pasangan kawin silang tersebut membesarkan anak-anak mereka dengan pendidikan agama setempat. Namun, jauh dari kebudayaan keluarga kawin silang untuk membesarkan anak-anak mereka hanya dari budaya Indonesia saja.

Untuk identitas, isu-isu pemerintah tentang KTP (Kartu Tanda Penduduk). Setiap warga negara di atas usia 17 tahun harus membawa KTP. Terdaftar di kartu identitas merupakan seorang pemegang Agama resmi. Indonesia hanya mengakui enam Agama resmi: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Namun, agama Yahudi dan Agama lainnya belum diakui sebagai agama resmi oleh pemerintah Indonesia, namun di dalam KTP tergolong ke dalam Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.(aka)