Senin, September 26, 2022
BerandaCultureBeijing Central Axis Perjuangkan Status Warisan Budaya Dunia

Beijing Central Axis Perjuangkan Status Warisan Budaya Dunia

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Setiap negara pasti mempunyai sejarah, dan sejarah tersebut selalu memberikan peninggalan. China, sebagai salah satu negara multicultural tentunya mempunyai banyak jejak peninggalan sejarah yang banyak pula. Terkadang peninggalan sejarah atau warisan budaya menimbulkan berbagai kontroversi, salah satunya hak milik.

Night view of Gulou, located on the central axis of Beijing
- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir English.news.cn, pihak berwenang China telah merencanakan untuk merekomendasikan Beijing Central Axis (Poros Tengah Beijing) sebagai proyek warisan budaya dunia 2024 China, menurut Administrasi Warisan Budaya Nasional.

Baca Juga: Mesir Longgarkan Larangan Berfoto di Tempat Umum Bagi Turis

Li Qun, direktur administrasi, mencatat bahwa Beijing menganggap tugas ini sebagai titik awal untuk mempromosikan perlindungan keseluruhan kota tua dan peninggalan budaya di wilayah inti ibukota nasional.

Poros Pusat Beijing memiliki panjang 7,8 kilometer, dimulai dari Gerbang Yongding di selatan kota dan berakhir dengan Menara Genderang dan Menara Lonceng di utara. Sebagian besar bangunan kota tua utama Beijing berada di sepanjang poros ini.

Berbicara pada “Dialog tentang Konservasi Warisan Dunia dan Kota Bersejarah” 2022 yang diadakan di Beijing pada 7 Agustus, Lazare Eloundou Assomo, direktur Pusat Warisan Dunia UNESCO, mengatakan bahwa Beijing saja, sebagai rumah dari banyak situs luar biasa, memiliki tujuh situs-situs yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia dan sebagian besar terletak di pusat kota yang bersejarah.

Mayoritas ahli di konferensi tersebut sepakat bahwa pemberian status warisan kepada Poros Tengah Beijing dapat menambah catatan kaki baru bagi sejarah peradaban dunia.

Poros tengah adalah tulang punggung Beijing lama, mewakili pencapaian tertinggi dalam perencanaan, desain, dan pembangunan ibu kota kuno peradaban Timur.

Perencanaan Proyek Peningkatan

Pemerintah kota Beijing memulai pekerjaan persiapan aplikasi warisan budaya dunia untuk proyek Central Axis pada tahun 2011. Itu termasuk dalam daftar awal warisan budaya dunia China pada tahun 2012.

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari 100 proyek renovasi peninggalan budaya telah diluncurkan di kedua sisi Poros Pusat Beijing.

Baca Juga: Bunga Persik, Penanda Awal Kebangkitan Pariwisata Tibet

Lv Zhou, direktur Pusat Warisan Nasional Universitas Tsinghua, mengatakan bahwa perlindungan warisan Poros Pusat Beijing mencakup semua jenis peninggalan sejarah dan budaya di kawasan kota tua Beijing, mewakili narasi besar peradaban Tiongkok. (mdr2/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kecelakaan Maut di Tol JORR, Mobil Terguling Disopiri Suami: 2 Korban Tewas Istri dan Anak!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Toyota Calya bernopol F-1303-RS terguling setelah menabrak bagian belakang mobil boks di Km 5+800 Tol JORR arah Kembangan. Mobil...