Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa

  • Whatsapp
gempa malang
Tangkapan layar informasi pusat gempa. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Gempa bumi dengan kekuatan 6.7 M guncang sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), Sabtu, 10 April 2021. Dilansir dari BMKG, pusat gempa berada di kabupaten Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA: Gempa Guncang Jatim, Pusat Gempa di Malang, Tidak Berpotensi Tsunami – Noktahmerah.com

Saat sedang sedang merasakan gempa bumi atau bencana lain yang membahayakan keselamatan jiwa, kita sebagai makhluk ciptaan-Nya wajib merasa prihatin dan mawas diri. Alih-alih panik berlebihan, alangkah baiknya jika kita membaca doa.

BACA JUGA: Pusat Gempa di Malang, Getaran Dirasakan Hampir Seluruh Jatim hingga Jateng – Nusadaily.com

Saat terjadi gempa bumi atau mendengar kabar tentang bencana gempa bumi, cobalah membaca doa berikut.


ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

“Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

BACA JUGA: Gempa 6,7 SR, Gedung SMK Turen, Kabupaten Malang Rusak – Beritaloka.com

Bacaan doa di atas bisa dibaca ketika terjadi bencana lainnya, tidak hanya gempa bumi. Jika kita mendengar kabar tentang musibah angin puyuh, banjir, atau bencana alam lainnya, bacalah doa ini dan perbanyak istighfar. Selain itu, pastikan untuk selalu waspada dan bertindak hati-hati.(mic)