Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaCultureAwas, yang Masih Pacaran Jangan ke Candi Perambanan, Mitosnya Bisa Kandas

Awas, yang Masih Pacaran Jangan ke Candi Perambanan, Mitosnya Bisa Kandas

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-MALANG- Ada saja cerita rekaan yang berkembang di masyarakat terkait Candi Perambanan. Ada yang mengatakan, barang siapa yang pacaran dan berkunjung ke Candi Perambanan maka cintanya akan putus di tengah jalan.

Konon katanya putusnya cinta sepasang kekasih yang berkunjung ke Candi Perambanan ini karena terkena sabda (kutukan) Bandung Bondowoso yang merasa dikhianati oleh pujaan hatinya yang bernama Roro Jonggrang.

Memang, mitos ini dipengaruhi legenda percintaan yang kandas antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso yang dikenal sangat tulus ditolak mentah – mentah oleh Roro Jonggrang. Padahal Bandung Bondowoso telah menyanggupi permintaan mustahil sang Roro untuk membuatkan Candi Prambanan dalam semalam.

Tetapi Roro Jonggrang malah menghianati janjinya dengan berlaku curang sehingga menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Karena ketahuan ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung dan jadilah pajangan arca dalam candi. Kutukan ini dipercaya ada di dalam candi, siapapun pasangan kekasih yang masuk dalam candi prambanan akan putus beberapa hari kemudian.

Anehnya, meski belum diketahui kebenarannya banyak yang mempercayai mitos tersebut. Muda mudi yang masih dalam masa pacaran banyak yang tidak berani datang ke Candi Perambanan karena takut putus cinta.

Padahal jika dirunut dalam sejarah, cerita Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang itu hanya rekaan semata. Cerita tersebut benar-benar tidak ada dan murni karangan masyarakat waktu itu. Yang mana masyarakat bingung untuk mengetahui siapa yang mendirikan candi sebesar itu.

Karena masyarakat tidak juga bisa menelusuri sejarahnya, maka muncul cerita fiktif yang menyebutkan bahwa candi Perambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso yang dibantu para jin dan dedemit.

Pembangunan itu sebagai syarat diterima cintanya oleh sang pujaan hati Bandung Bondowoso yang bernama Roro Jonggrang. Tapi setelah candi hampir jadi, Roro Jonggrang mengkhianati janjinya. Sehingga cinta membara yang ada di dada Bandung Bondowoso pupus. (aka)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu