Jumat, Mei 27, 2022
BerandaCultureAsal Usul Kota Balikpapan, Lokasi Kecelakaan Beruntun yang Mengerikan

Asal Usul Kota Balikpapan, Lokasi Kecelakaan Beruntun yang Mengerikan

NUSADAILY.COM – BALIKPAPAN Kota Balikpapan kini sedang viral di jagat raya. Gara-gara di Kota itu terjadi kecelakaan hebat yang mengerikan. Kecelakaan pada Jumat (21/1) pagi itu terekam lewat kamera CCTV. Sontak siapa saja yang menonton akan terhenyak.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Terlepas dari peristiwa mengeraikan itu, kita mencoba mengenal Balikpapan lebih dekat lagi. Menurut legenda, asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739.

Dilansir dari website pemerintah Kota Balikpapan balikpapan.go.id, sewaktu di bawah pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai. Yang mana dia memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai Lama.

Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1.000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai.

Setibanya di Kutai Lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan) dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama “Jenebora”.

Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai “Baliklah – papan itu” atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).(*/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily