Selasa, September 21, 2021
BerandaCultureAgenda Besar Dukun Banyuwangi: Gelar Festival Santet hingga Destinasi Mistis

Agenda Besar Dukun Banyuwangi: Gelar Festival Santet hingga Destinasi Mistis

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Sejumlah pakar perdukunan di Banyuwangi mendeklarasikan organisasi bernama Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu). Nah, kira-kira program kerja apa saja yang akan dilakukan organisasi khusus para dukun Bumi Blambangan ini?

Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan mengatakan, salah satu program kerja Perdunu ialah menggagas adanya “Festival Santet” yang digelar setiap bulan Suro. Festival Santet ini digelar bukan untuk memberikan servis “nyantet” maupun mengajari orang cara menyantet.

Namun festival ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait ilmu-ilmu spiritual yang masih ada di Banyuwangi. “Kita akan menggelar festival santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival tersebut. Nanti bagaimana pengenalaan orang terkena santet atau sihir dan cara pengobatannya,” kata Gus Fatah.

Selain itu, pihaknya juga akan mengenalkan sejumlah destinasi mistis yang ada di Banyuwangi. Seperti Alas Purwo, Rowo Bayu, Antaboga dan lain sebagainya. “Kalau berbicara destinasi mistis, Banyuwangi tempatnya. Kalau yang diusulkan tadi ada tiga, Alas Purwo, Rowo Bayu, dan Antaboga,” imbuhnya.

Sementara program kerja paling dekat, yakni doa bersama dan pengobatan gratis yang rencananya digelar pada akhir Bulan Februari ini. Untuk doa bersama, mereka bakal meminta kepada Tuhan yang Maha Esa agar masyarakat Banyuwangi dihindarkan dari mara bahaya. Khususnya dari erupsi Gunung Raung.

Sedangkan untuk pengobatan gratis dilakukan untuk berbagai macam penyakit. Baik penyakit karena medis maupun penyakit yang disebabkan hal mistis. “Orang yang keluhan sakit, kecanduan obat-obatan, rokok dan lain sebagainya. Terutama sakit karena pikiran,” imbuhnya. (ozi/aka)

- Advertisement -
AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...