Claude Garret Meninggal Dunia 6 Bulan Pasca Dinyatakan Tidak Bersalah Usai 30 Tahun Dipenjara

“Tidak ada juri yang masuk akal yang menghukum Claude Garrets atas pembunuhan berdasarkan bukti ilmiah baru yang didapat,” kata Hakim Monte Watkins.

Claude Garret Meninggal Dunia 6 Bulan Pasca Dinyatakan Tidak Bersalah Usai 30 Tahun Dipenjara
Claude Garret (66) dinyatakan tidak bersalah setelah menjalani hukuman 30 tahun penjara, dan meninggal beberapa bulan kemudian. Foto: Privat/Getty Images

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Claude Garret (66) dinyatakan tidak bersalah setelah dipenjara selama 30 tahun karena kagagalan keadilan. Dia meninggal beberapa bulan setelah dia dibebaskan.

Claude Garret (66) dinyatakan tidak bersalah selama hampir menjalani setengah hidupnya di balik jeruji besi.

Pria Amerika itu kini telah meninggal dunia beberapa bulan setelah ia dibebaskan. Keluarga dan kerabat hanya bisa menghabiskan waktu bersama selama enam bulan.

BACA JUGA : Pelaku Penembakan di Sekolah Florida AS Dihukum Penjara...

Pada tahun 1992, Garrett dihukum karena tuduhan kasus pembunuhan. Pengadilan melihatnya sebagai bukti bahwa mantan pekerja konstruksi itu telah membunuh pacarya saat itu, Lorie Lee Lance (24).

Sebuah kebakaran terjadi di rumah yang mereka tinggali di Old Hickory, negara bagian Tennssee, AS, dan wanita berusia 24 tahun itu meninggal dunia karena menghirup asap.

Tuduhan Pembunuhan Oleh Claude Garret

Pria botak berotot itu selalau memprotes mengatakan bahwa dirinya tidak bersalah. Dia menggambarkan bagaimana dia mencoba mendobrak pintu rumah yang terbakar menggunakan kapak untuk menyelamatkan Lorie. Pria itu menderita luka bakar dalam upaya penyelamatan terhadap pacarnya yang sia-sia.

Juri pengadilan menerima tuduhan bahwa api yang berkobar adalah pembakaran yang disengaja dan mengirim Claude Garret ke penjara. Garret divonis hukuman penjara selama 30 tahun.

Latar belakang ketidakbersalahan adalah, data investigasi Garret kejadian pada saat itu dibuka kembali. Kejaksaana tidak lagi menganggap bahwa kebakaran itu adalah disengaja. Seorang juru bicara merujuk pada metode investigasi yang lebih modern.

BACA JUGA : Ketika Rocky Gerung Sebut Insiden Kanjuruhan Bukan Tragedi tapi Kriminal

“Tidak ada juri yang masuk akal yang menghukum Claude Garrets atas pembunuhan berdasarkan bukti ilmiah baru yang didapat,” kata Hakim Monte Watkins.

Claude Garrets Meninggal dengan Tenang

Garrets dibebaskan pada 10 Mei 2022. Pria berusa 66 tahun  itu tertidur nyenyak pada Minggu (30/11). “Selama enam bulan terakhir, Claude telah menikmati kebebasannya. Dia mencintai setiap momen bersama putrinya dan terutama dengan cucunya yang sangat ia kagumi,” kata Liliana Segura, pacar Garrets sejak kekebasannya. (jrm1)