China Tetap Jadi Jangkar Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Global

China tetap menjadi jangkar penting stabilitas dan kekuatan pendorong pertumbuhan ekonomi global, kata juru bicara Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20, Sabtu (15/10).

NUSADAILY.COM- BEIJING - China tetap menjadi jangkar penting stabilitas dan kekuatan pendorong pertumbuhan ekonomi global, kata juru bicara Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20, Sabtu (15/10).

Semua hal dipertimbangkan, perkembangan China masih mempunyai banyak kondisi yang menguntungkan, Sun Yeli, juru bicara kongres.

"Ekonomi China mempunyai ketahanan yang kuat, potensi besar dan vitalitas yang kuat, serta fundamental untuk pertumbuhan positif jangka panjangnya tetap tidak berubah," katanya.

ilustrasi statistik ekonomi sumber istockphoto

Statistik memperlihatkan produk domestik bruto China tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 6,6 persen dari 2013 hingga 2021, lebih tinggi dari laju pertumbuhan rata-rata 2,6 persen untuk ekonomi global dan 3,7 persen untuk negara berkembang.

Kontribusi rata-rata negara terhadap pertumbuhan ekonomi global melebihi 30 persen selama periode 2013-2021, menurut Sun.

Baca Juga:  Industri Otomotif China Tumbuh Pesat Guna Stabilkan Ekonomi dan Tingkatkan Konsumsi

Mengingat ukuran ekonomi China, tidak mudah untuk mempertahankan kecepatan pertumbuhan seperti itu selama peralihan negara ke pembangunan berkualitas tinggi, kata Sun.

Baca Juga: Baca Juga:Lima Pameran Teknologi Musim Gugur Hong Kong Dibuka dengan...

Sepuluh tahun terakhir melihat perkembangan ekonomi China menjadi lebih seimbang, terkoordinasi dan berkelanjutan, menambahkan bahwa negara itu sudah meningkatkan ketinggian baru dalam hal kekuatan ekonomi, ilmiah dan komprehensif nasional, kata Sun.

China akan terus memperdalam reformasi struktural sisi penawaran, mendorong permintaan yang efektif, memastikan ketahanan pangan dan energi serta stabilitas rantai industri dan pasokan, menjaga pekerjaan tetap stabil, mengamankan mata pencaharian masyarakat dan menjaga ekonomi tetap berjalan dalam kisaran yang tepat, kata Sun. (mdr1/lna)