China Siap Kerja Sama Dengan Eropa Upayakan Kemajuan Lebih Besar

China siap bekerja sama dengan Eropa untuk bersama-sama mengupayakan kemajuan yang lebih besar dalam kerja sama bilateral di berbagai bidang dan memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa, kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China

NUSADAILY.COM – BEIJING – China siap bekerja sama dengan Eropa untuk bersama-sama mengupayakan kemajuan yang lebih besar dalam kerja sama bilateral di berbagai bidang dan memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa, kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Rabu (12/10).

Melansir Xinhua, menurut laporan, Kanselir Jerman Olaf Scholz baru-baru ini menyatakan secara eksplisit bahwa dia mendukung globalisasi, menambahkan bahwa pemisahan adalah "jawaban yang salah" dan bahwa Jerman harus melakukan bisnis dengan seluruh dunia, termasuk China. 

Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa Valdis Dombrovskis, yang bertanggung jawab atas urusan ekonomi, juga  mengatakan dia percaya bahwa pemisahan dari China bukanlah pilihan bagi perusahaan di Uni Eropa (UE).

ilsutrasi bendara Uni Eropa (UE)

Dia menambahkan bahwa hubungan perdagangan UE dengan China "membutuhkan lebih banyak keseimbangan dan timbal balik" dan bahwa " Uni Eropa harus terus terlibat dengan China dengan pragmatisme."

"Kami memuji pernyataan dari para pemimpin Eropa ini," dalam jumpa pers harian, menambahkan China juga mendukung globalisasi dan menentang pemisahan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning.

Baca Juga: Kanselir Jerman Tegas Dukung Globalisasi dan Menentang Pemisahan dari China

Dengan ekonomi dunia yang lesu, tetap terbuka dan terlibat dalam kerja sama dan menumbuhkan hubungan ekonomi dan perdagangan baik tidak hanya untuk China dan Eropa, tetapi juga untuk pemulihan ekonomi dunia, kata Mao.

Mencermati bahwa China dan UE merupakan mitra ekonomi dan perdagangan yang penting satu sama lain, Mao mengatakan bahwa kerja sama bilateral mereka  saling menguntungkan.

Baca Juga: Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik, Presiden China...

Tahun lalu, volume perdagangan China-UE melebihi 800 miliar dolar AS untuk pertama kalinya dan investasi dua arah mencapai 270 miliar dolar AS secara kumulatif.

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, total perdagangan antara China dan UE yaitu 575,22 miliar dolar AS, naik 8,8 persen YoY, kata Mao, sembari menambahkan bahwa investasi UE di China adalah 7,45 miliar dolar AS, naik sebesar 121,5 persen YoY.

"Kerja sama perdagangan dan investasi semacam itu mendorong perkembangan kedua belah pihak," tambah juru bicara.

Mencermati bahwa kerja sama China-Eropa berakar dalam pada dukungan publik yang solid, kepentingan bersama yang luas dan kebutuhan strategis serupa, Mao mengatakan kerja sama seperti itu mempunyai ketahanan dan potensi yang besar.

"China siap bekerja sama dengan Eropa untuk bersama-sama bekerja demi kemajuan yang lebih besar dalam kerja sama bilateral di berbagai bidang dan memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa," imbuhnya. (mdr1/lna)