Check Out Hotel Harus Lewat Resepsionis atau Tinggal Pergi Aja?

Saat staycation di hotel, ada waktu check-in dan check-out. Kalau check-in harus lewat resepsionis, bagaimana dengan check-out?

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Saat staycation di hotel, ada waktu check-in dan check-out. Kalau check-in harus lewat resepsionis, bagaimana dengan check-out?

Seorang wanita curhat di grup Facebook bernama Girl Love Travel. Dia dan suaminya kerap berdebat soal mekanisme check-out saat staycation di hotel.

BACA JUGA: Wujud Apresiasi Nasabah, BRI Kanca Sumenep Bagi-bagi Hadiah Puluhan Motor


"Perdebatan terjadi ketika kami meninggalkan hotel, apakah kami harus melapor ke resepsionis bahwa kami check-out atau langsung pergi meninggalkan kunci di kamar," tulisnya seperti dikutip dari News Australia.

Suaminya berpendapat bahwa tamu hotel seharusnya pergi ke lobi dan memberikan kunci kamar pada resepsionis. Sementara wanita ini tidak setuju dan ingin langsung pergi meninggalkan kamar.

Curhatan ini tentu viral, banyak traveler yang mengisi kolom komentar dengan berbagai pengalamannya saat menginap di hotel.

"Saya belum pernah melapor check-out ke resepsionis kecuali kunci kamarnya bukan berbentuk kartu. Biasanya saya hanya meninggalkan kartu di kamar dan pergi," tulis seorang netizen.

"Saya seorang pramugari, traveling menjadi 70 persen dari aktivitas saya tiap tahun dan saya telah melakukannya enam tahun berturut-turut. Saya tidak pernah melapor bahwa saya check-out," tambahnya.

Namun seorang mantan pekerja hotel datang memberikan penjelasan mengapa hal itu sebaiknya dilakukan.

"Sebagai seorang yang bekerja di bidang perhotelan, saya selalu menghargai ketika tamu datang ke resepsionis untuk check-out. Ini menghilangkan pertanyaan tentang kapan housekeeping dapat mengakses kamar untuk dibersihkan dan juga membantu kami melacak kartu-kunci," ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa tamu yang sudah melapor check-out akan memberikan kemudahan check-in pada tamu selanjutnya. Apalagi kalau tamu ingin check-in lebih awal.

"Saya bertanya pada resepsionis satu kali dan mereka mengatakan mereka sangat berterima kasih mengetahui ketika orang tamu melapor check-out. Sehingga mereka dapat mulai membersihkan kamar. Saya tidak pernah memikirkannya sebelumnya. Saya merasa itu adalah hal yang sopan dan saya melakukannya tiap saat ketika di hotel," tulis yang lain setuju.

BACA JUGA: Diduga Jadi Sarang Prostitusi, Satpol PP Tangsel Razia Sejumlah Hotel


Ternyata bukan cuma soal memudahkan pembersihan kamar. Melapor ke meja resepsionis juga sebaiknya dilakukan apabila pembayaran hotel dilakukan dengan menggunakan kartu pembayaran.

"Saya selalu check-out di resepsionis, karena saya khawatir mereka mungkin mencoba menagih penambahan biaya kamar. Jadi saya meminta kwitansi sebelum pergi," ujar traveler lain.(eky)