Cara Mengetauhi Makan yang Tidak Layak Konsumsi

Tidak semua orang peka, memperhatikan dan paham bentuk atau tampilan makanan yang akan dimakan. Maka dari itu, tak jarang ada kasus makanan busuk tak sengaja dikonsumsi. Makanan yang sudah memburuk kondisi atau membusuk, umumnya akan menimbulkan bau, rasa, dan tekstur yang tidak enak.

Cara Mengetauhi Makan yang Tidak Layak Konsumsi
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Tidak semua orang peka, memperhatikan dan paham bentuk atau tampilan makanan yang akan dimakan. Maka dari itu, tak jarang ada kasus makanan busuk tak sengaja dikonsumsi.

Makanan yang sudah memburuk kondisi atau membusuk, umumnya akan menimbulkan bau, rasa, dan tekstur yang tidak enak.

BACA JUGA : Ini 4 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Efek Buruk Hirup Polusi Udara

Contohnya lengket dan berubah warna, mengapa demikian? Hal ini karena bakteri pembusuk bisa menyebabkan makanan seperti buah dan sayuran menjadi lembek atau berlendir, atau bahkan daging bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Namun, yang patut diperhatikan, dikutip dari laman resmi Kementerian Agrikulutur AS, Selasa (29/11/2022) perubahan warna saja pada makanan tidak menjadikan semata-mata produk tersebut rusak. Perubahan warna ternyata normal untuk produk segar.

Jika terjadi pembusukan perubahan warna yang terjadi seringkali ialah warnanya memudar atau menjadi gelap.

BACA JUGA : Tips Cara Memilih dan Mengolah Daging Sapi Ala Chef Vindex

Selain perubahan warna, daging atau unggas akan berbau tidak sedap, lengket atau saat disentuh, atau mungkin berlendir.

Jika daging telah menunjukkan karakteristik ini, sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali, agar tidak jatuh sakit setelah kita memakannya.

(roi)