Cara Dapat Kompensasi Dari Bandara Karena Pesawat Delay

Bepergian dengan pesawat menjadi salah satu pilihan utama, karena waktu perjalanan yang lebih efisien. Sayangnya, terkadang tidak setiap penerbangan selalu berjalan sesuai rencana. Penerbangan bisa mengalami keterlambatan atau delay, yang membuat penumpang menunggu lebih lama dari jadwal yang seharusnya.

Cara Dapat Kompensasi Dari Bandara Karena Pesawat Delay
Ilustrasi (Foto: Pitt-greendvilleairport)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Bepergian dengan pesawat menjadi salah satu pilihan utama, karena waktu perjalanan yang lebih efisien. Sayangnya, terkadang tidak setiap penerbangan selalu berjalan sesuai rencana. Penerbangan bisa mengalami keterlambatan atau delay, yang membuat penumpang menunggu lebih lama dari jadwal yang seharusnya.

Melansir dari The Sun, Senin (28/11/2022), seorang ahli dari Airport Parking Reservations, menjelaskan bahwa Anda mungkin perlu menerima bayaran untuk makanan dan minuman, jika Anda telantar di bandara.

BACA JUGA : Prajurit Kostrad dan Warga Lokal di Pegununggan Papua Saling Bantu Untuk Operasionalkan Bandara

Namun, jika Anda tidak menyimpan kuitansi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan uang.

“Pertanggungan keterlambatan perjalanan biasanya berbentuk tunjangan tetap untuk membantu Anda menutupi biaya pengeluaran, seperti makanan dan minuman, saat Anda menunggu di bandara,” jelas mereka.

“Pastikan Anda menyimpan kuitansi pembelian di bandara, karena Anda dapat mencoba mengklaim kembali uang itu dari maskapai nanti.”

Namun, mereka memperingatkan untuk tidak terlalu boros, karena maskapai penerbangan hanya akan membayar biaya yang ‘wajar’, jadi lupakan minuman keras dan hotel bintang 5.

Saat ini delay menjadi lebih umum di seluruh dunia. Jadi, persiapan serta membuat rencana tambahan menjadi lebih penting sekarang.

Meskipun asuransi perjalanan mungkin tampak seperti biaya tambahan, ada baiknya berinvestasi dalam opsi yang mencakup penundaan perjalanan.

Meskipun maskapai penerbangan di Inggris berkewajiban untuk merawat penumpang setelah adanya delay, sebagian besar polis asuransi perjalanan memberikan perlindungan tambahan untuk ketidakpastian perjalanan.

Menghabiskan berjam-jam di bandara, bisa menelan biaya ratusan penumpang dibandingkan dengan opsi asuransi perjalanan yang lebih murah.

Jika penerbangan tertunda, Anda mungkin berhak atas kompensasi atau pengembalian dana.

Di Inggris Raya dan Eni Eropa, jika penerbangan Anda ditunda, Anda dilindungi oleh Peraturan Penolakan Naik Pesawat.

Tetapi di luar Uni Eropa, hak akan bervariasi tergantung pada syarat dan ketentuan maskapai. Pastikan untuk memeriksanya sebelum Anda bepergian.

Misalnya saja maskapai penerbangan di AS tidak diwajibkan memberi kompensasi kepada penumpang, saat penerbangan ditunda atau dibatalkan.

BACA JUGA : Rute Internasional Segera Dibuka, Bandara Guangzhou Sudah Mulai Bersiap

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi tim layanan pelanggan maskapai untuk meminta panduan tentang keterlambatan tersebut.

Jangan panik jika penerbangan Anda tertunda, karena ini hanya akan menambah stres. Anda bisa menghibur diri Anda dengan membaca buku atau menjelajahi bandara, sembari menunggu jadwal keberangkatan yang baru.

(roi)