Waqaf Business Forum, ACT: Wakaf Ibadah yang Strategis

  • Whatsapp
wakaf ACT
Ahyudin Pembina ACT saat dalam acara Waqaf Business Forum di Harris Hotel (22/11). (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar Waqaf Business Forum bertemakan ‘Wakaf Pangan Produktif Energi Kedaulatan Pangan Umat’ di Hotel Harris Malang, Minggu 22 November 2020. Bersama 543.000 relawan, ACT telah menyalurkan sebanyak 51 juta penerima manfaat, dan 304.000 aksi nyata sampai hari ini.

Ahyudin Pembina ACT menyampaikan, makna wakaf bukanlah ibadah yang elite karena tidak berdasarkan uang dan waktu. Sebaliknya ini ibadah yang strategis sebab bisa dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga

BACA JUGA: Sengketa Aset Wakaf Kemenag, Bimas Petakan Potensi Masalah

“Wakaf adalah ibadah yang paling strategis dan ini bukan ibadah elite. Bukan khusus bagi mereka yang punya uang saja sebab nominal dan waktu tidak dibatasi,” paparnya.

Lanjutnya, ada hubungan antara wakaf dan akidah. Wakaf merupakan salah satu pembuktian penghambaan umat manusia terhadap Allah SWT yang mencerminkan hukum-hukum-Nya. Wakaf dimensinya adalah muamallah.

“Ruang ibadah bagi kita semua yang lebih luas yakni ibadah muamallah (ibadah membangun dan memimpin kehidupan bisa berjalan sesuai dengan sunnahnya),” papar Ahyudin.

Ia menambahkan, kehadiran lembaga ACT sebagai upaya dari umat yang mampu memimpin kehidupan sebagaimana Allah kehendaki. 15 tahun lalu ACT didirikan, 5 tahun pertama, nyaris sempurna semua semua dikerjakan secara totalitas.

BACA JUGA: Inovasi Pengumpulan Wakaf, Wapres Ajak Gerakan Wakaf Tunai

Sebagai informasi, di seluruh dunia diketahui perbincangan tentang wakaf dalam setahun sangatlah minim. Hampir tidak sampai 100 event dunia yang menyelenggarakan tentang wakaf dalam setahun. Akan tetapi tentang zakat ribuan event diselenggarakan di belahan dunia.(aje/lna)

Post Terkait

banner 468x60