PT Greenfields Berikan Kemudahan Masyarakat untuk Kerjasama Pakan Ternak Hijauan

  • Whatsapp
PT Greenfields
Head of Dairy Farm Development and Sustainability PT Greenfields Indonesia, Heru Setyo Prabowo (nomor dua) saat melihat tanaman suket odot di wilayah Greenfields. foto: Nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM-BLITAR- Sebagai bentuk sinergi dengan masyarakat sekitar farm, PT Greenfields Indonesia membuka ruang kerjasama untuk suplai pakan ternak. Khususnya yang berkaitan terhadap dedaunan. Konsep kerjasama dengan masyarakat sekitar ternak itu dilakukan sebagai salah satu bagian dari komitmen Greenfields untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dijelaskan Head of Dairy Farm Development and Sustainability Pt Greenfields Indonesia, Heru Setyo Prabowo. Katanya, saat ini farm dua di wilayah Tegal Asri, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar dalam tahap pengembangan. Proses pengembangan farm dua diharapkan akan banyak melibatkan masyarakat sekitar untuk dapat menjalin kerjasama.

Baca Juga

Konsep kerjasama yang ditawarkan diharapkan akan memberikan ruang bagi masyarakat sekitar. Agar dapat terlibat dalam peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan farm dua Greenfields.

“Kami tengah melakukan pengembangan, diharapkan dengan konsep kerjasama ini nanti akan saling menguntungkan bagi farm dan masyarakat,” tegasnya kepada NusaDaily.com.

Heru menjelaskan dalam konsep kerja sama masyarakat sekitar dapat memilih potensi pengembangan dalam hal pakan ternak. Sebab, skema pakan ternak untuk farm dua Greenfields, khususnya yang berkaitan terhadap hijau daun membutuhkan banyak kebutuhan setiap harinya.

Diharapkan masyarakat yang masih memiliki lahan tidur di sekitar farm dua Greenfields dapat mengambil peluang ini. Agar dapat bekerja sama dengan pabrik susu termodern di Asia Tenggara ini.

“Kita konsepnya sederhana masyarakat yang memiliki lahan tidur bisa mengajukan kerjasama untuk memasok pakan ternak,” tukasnya kepada induk imperiumdaily.com ini.

PT Greenfields Punya Standart Pakan Ternak

Heru juga menjelaskan jika pasokan pakan ternak nantinya harus sesuai dengan standar pakan ternak. Yakni pakan yang selama ini dikonsumsi sapi-sapi jenis holstien. PT Greenfields sangat memperhatikan kandungan makanan hijaun daun untuk sapi. Agar dapat menghasilkan susu dengan kualitas utama.

Pengawasan ketat dalam makanan ternak yang berasal dari masyarakat akan memberikan keuntungan sendiri bagi masyarakat sekitar. Sebab, hanya dengan menyetor pakan ternak yang telah distandartisasi oleh farm dua akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dia menambahkan, jika standar yang diberikan Greenfields untuk pakan ternak memperhatinan jenis tanaman. Salah satunya Greenfields juga bersiap melakukan pembinaan untuk para penyuplai pakan ternak hijau atau daun.

Jenis tanaman yang ditanam berupa suket odot yang biasa dimakan oleh sapi-sapi Greenfields. Di sisi lain masyarakat yang melakukan kerjasama juga akan di fasilitasi berupa pupuk cair yang berasal dari kotoran sapi.

Pupuk cair dari kotoran sapi tersebut dapat disalurkan menuju lahan – lahan perkebunan yang nantinya menanam tanaman suket odot. Namun, Heru mengakui saat ini pihaknya masih melakukan kalkulasi dan penghitungan secara cermat. Terhadap pola penyaluran pupuk cair pada lahan-lahan masyarakat. Dengan melakukan penghitungan tersebut diharapkan akan dapat membantu masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan farm dua.

“Kami masih melakukan penghitungan bagaimana pupuk-pupuk cair tersebut dapat kita salurkan pada masyarakat yang memiliki lahan dan bekerjasama dengan farm,” tuturnya.

Dalam waktu dekat ini pihaknya masih melakukan berbagai kajian yang dapat memberikan jalan bagi warga sekitar. Yntuk mendapatkan pupuk cair bagi warga yang bekerjasama dengan Greenfields.

Heru berharap masyarakat sekitar menangkap peluang ini untuk penambahan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Sebab, di tengah pandemi COVID-19 ini terjadi penurunan ekonomi. Diharapkan dengan kondisi ini akan mampu menberikan alternatif baru untuk pendapatan ekonomi masyarakat.(hen/cak)

Post Terkait

banner 468x60