Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBusinessPenjualan Mobil Listrik di Eropa Lampaui Mobil Diesel untuk Pertama Kalinya

Penjualan Mobil Listrik di Eropa Lampaui Mobil Diesel untuk Pertama Kalinya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Bulan Desember tahun lalu, untuk pertama kalinya penjualan mobil listrik di Eropa melebihi mobil diesel. Skandal kecurangan emisi “dieselgate” yang terungkap pada tahun 2015 menjadi titik balik dunia industri otomotif. Semua bermula ketika kecurangan gurp Volskwagen terungkap.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Pengamat: Gairah Kendaraan Listrik Akan Terlihat Mulai 2022

Tak lama banyak pabrikan lain yang terungkap, Alfa Romero, Chevrolet, Dacia, Fiat Ford, Mercedez-Benz, Jeep, Peugeot, dan masih banyak lagi. Reputasi mobil diesel mulai menurun, penjualannya tiap tahun terus menurun. Baru kali ini, pertama dalam sejarah, penjualan mobil listrik di Eropa melampaui mobil diesel.

Pada Desember 2021, lebih dari seperlima penjualan mobil baru di 18 pasar Eropa mencakup kendaraan listrik. Sementara kendaraan diesel menurut pakar pasar mobil Eropa, Schmidt menyumbang kurang dari 19%. Meski perbedaannya kecil, itu adalah fakta yang tidak terbantahkan.

BACA JUGA: Presiden “Groundbreaking” Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama RI

Tren peningkatan pendaftaran EV pada akhir tahu 2021, terutama bulan Desember. Pasalnya, produsen perlu mengurangi emisi karbon dari produk kendaraanya untuk menghindari denda yang dikenakan oleh Uni Eropa.

BACA JUGA: Kemenperin Pacu Industrialisasi Kendaraan Listrik

Mengutip dari cankaoxiaoxi, aturan Uni Eropa mengharuskan produsen mobil untuk mengurani rata – rata emisi karbon dioksida dari semua produk mereka menjadi 95 gram per kilometer. Denda untuk setiap kelebihan 1 gram adalah 95 euro dikalikan penjualan produsen mobil di UE. Namun, sulit untuk mengetahui secara detail berapa banyak kendaraan listrik self-licensing yang diproduksi pabrikan kuartal tahun lalu.

Pada Desember tahun lalu, rekor 176.000 kendaraan listrik terjual di Eropa Barat. Peningkatan sebanyak 6% dari angka yang tercatat pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, 160.000 kendaraan diesel terjual pada periode yang sama. Pada akhir tahun lalu, total 400.000 kendaraan listrik baru terdaftar, atau sebanyak 17% dari total kendaraan baru yang terdaftar pada periode yang sama.

BACA JUGA: Wali Kota Meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sumut

Tahun 2017 sebanyak 44,4% mobil yang terjual di Eropa adalah mobil diesel, menurut Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA). Angka tersebut turun di tahun 2020 menjadi 28%, sedangkan pada sembilan bulan pertama tahun 2021 turun menjadi 20,5%. Sebelumnya mobil diesel menyumbang lebih dari setengah mobil baru yang terjual di Eropa tiap tahunnya. Sebelum Volkswagen ditemukan telah memalsukan hasil tes emisi pada mesin dieselnya.(nd3/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Top 3 Street Food Paling Terkenal di Shanghai

NUSADAILY.COM - JAKARTA- Shanghai merupakan kota yang tidak ada habisnya menyajikan banyak destinasi wisata. Tentunya, setiap destinasi wisata dilengkapi ragam sajian street food.    Melansir...