Bupati Hendy Beber Dalih Memilih Sosok Ini sebagai Pj Sekda

Pernyataan Bupati Jember, Hendy Siswanto mengungkap alasan tersendiri dalam mempertimbangkan pilihan figur PNS yang dijadikan penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda).

NUSADAILY.COM - JEMBER - Pernyataan Bupati Jember, Hendy Siswanto mengungkap alasan tersendiri dalam mempertimbangkan pilihan figur PNS yang dijadikan penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda).

 

Hendy menyatakan, bahwa pihaknya memang sengaja memilih sosok PNS dengan berlatar belakang yang disebutnya sebagai orang Jember.

 

"Komitmen kami yang dilantik orang Jember," ucapnya.

 

Penuturan tersebut diutarakan Hendy usai melantik Arif Tyahyono untuk menduduki pos jabatan Pj Sekda sejak Jumat, 14 Oktober 2022.

 

"Kami tidak mengambil dari luar," Sambung Hendy meyakinkan.

 

Arif Tyahyono merupakan pria kelahiran Malang 15 Oktober 1966. Sehingga, usia yang bersangkutan saat mulai menjabat Pj Sekda adalah 56 tahun 364 hari.

 

Jejak karir PNS yang pernah dilalui Arif Tyahyono cukup banyak ragam instansi. Mulai Camat Sumberjambe, Kepala Satpol PP, Kepala Dispendukcapil, hingga Kepala DPM PTSP.

 

Arif Tyahyono secara resmi menggantikan posisi Mirfano yang pada awal bulan lalu mengundurkan diri dengan mengajukan masa persiapan pensiun.

 

Hendy menilai Arif Tyahyono dengan pengalaman panjangnya akan mampu menjalani tugas baru sekarang. Adapun Pj Sekda secara prinsip bertugas membantu Bupati dalam merumuskan kebijakan strategis.

 

Walaupun Hendy menyadari, dalam konteks menggerakkan roda organisasi di lingkungan pemerintahan tidak mungkin dilakukan seorang diri. Oleh karenanya, ia berpesan kepada Arif agar selalu bekerjasama dengan pejabat yang lain.

 

"Plus minus (ditangani) keroyokan, sehingga saling melengkapi. Pj Sekda mampu mengemban tugas ini dengan dukungan semua kepala OPD," tutur Hendy.

 

Kewajiban Arif Tyahyono yang terdekat melaksanakan tugas selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Jember.

 

Pada Senin, 17 Oktober 2022, dijadwalkan oleh DPRD Jember untuk rapat bersama dengan TAPD membahas Rancangan APBD 2023. (sut)