Bung Ricky Daftar Cawabup PDIP, Membuka Peluang ‘Koalisi Besar’. Inilah Partai-partainya

“Saya kader PDIP. Namun saat mendaftar sebagai cawabup, saya mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN,” kata Ricky Ananta, Cawabup PDIP Semarang.

May 25, 2024 - 09:35
Bung Ricky Daftar Cawabup PDIP, Membuka Peluang ‘Koalisi Besar’.  Inilah Partai-partainya
Ricky Ananta dengan diantar para pengurus “Gibran Fans” Jawa Tengah dan The “A” Team Squad Nusantara Kabupaten Semarang, saat daftar sebagai Cawabup di kantor DPC PDIP Kab. Semarang.

NUSADAILY.COM – SEMARANG ; Ricky Ananta bertekad running ke Pilkada Semarang 2024, dengan mendaftar sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup)  melalui PDIP, tidak sekadar bermodal ‘chek kosong’. Bahkan langkah politik kader partai berlambang banteng moncong putih ini bisa membuka peluang terbangun ‘koalisi besar’ antara PDIP dengan partai lain guna memudahkan meraih kemenangan pada kontestasi pesta demokrasi tersebut.

Koalisi PDIP dengan beberapa partai dalam menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang, bisa saja terjadi. Meski bisa mengusung sendiri,--bermodal 18 kursi, namun terbangunnya koalisi representatif  dipastikan kian melempengkan jalan cabup dan cawabup diusung PDIP dengan dukungan partai koalisinya, memenangi pesta demokrasi dihelat 27 Nopember 2024 mendatang.

Dengan kalkulasi ini, eksistensi Bung Ricky, sapaan pengusaha properti ini memiliki kemampuan memfasilitasi terbangunnya koalisi PDIP dengan partai lainnya. “Saya adalah kader PDIP. Namun saat mendaftar sebagai cawabup ini saya juga mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN,” kata Bung Ricky, pada Sabtu (25/5) siang tadi.

Ricky Ananta (kiri) saat menyerahkan formulir pendaftaran sebagai Cawabup PDIP Semarang.

Sikap dukungan Gerindra, Golkar dan PAN terhadap langkah politik Bang Ricky ini memang tidak lepas dari konstelasi Pilpres kemarin. Dia telah melebur dan saling bahu membahu bersama “Gibran Fans” Jawa Tengah dan The “A” Team Squad Nusantara Kab. Semarang, dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.  

Sepak terjang dan manuver politiknya dinilai berhasil memberikan andil signifikan atas raihan suara pasangan presiden dan wakil presiden, yang diusung Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN. Hingga saat ini hubungan Bung Ricky bersama pentolan partai-partai  di Semarang itu,--sebagai representasi kekuatan koalisi pengusung Prabowo-Gibran, tetap  berjalan baik.

Sehingga wajar jika partai-partai itu menyatakan sikap mendukung terhadap langka politik dia yang mendaftar sebagai calon wakil bupati di PDIP. Konstelasi politik seperti ini tentunya juga membuka peluang terbangunnya koalisi antara PDIP dengan partai-partai pendukung Bung Ricky.

“Ketika diberi mandat sebagai calon wakil bupati, saya siap sebagai mediator untuk membangun koalisi antara PDIP dengan partai-partai lain untuk memudahkan meraih kemenangan pada Pilkada ,” ujarnya.

Bung Ricky menyiratkan rasa optimisme tinggi untuk bisa mewujudkan koalisi besar itu. “Ya karena saya daftar sebagai Cabup di PDIP ini juga mendapat dukungan dari Gerindra, Golkar, PAN  dan Demokrat Semarang,” ujarnya. “Dari empat partai itu sudah berjumlah 11 kursi. Jika bisa terbangun koalisi dengan PDIP (18 kursi), maka kalkulasi politiknya sudah pasti menang dengan mudah,” tambahnya.

Bung Ricky, secara resmi daftar sebagai Cawabup Semarang melalui PDIP, pada Selasa kemarin. Dia datang ke kantor DPC PDIP Kabupaten Semarang dengan dikawal beberapa relawan pendukungnya dengan didampingi Ketua Gibran Fans Jawa Tengah dan Ketua The “A” Team Squad Nusantara Kabupaten Semarang bersama sekitar 25 anggotanya.

Rombongan diterima Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai dan Organisasi The Hok Hiong, Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Daryatno, SH serta Bendahara DPC Agus Budiyanto

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan utamanya Bung Ricky mengikuti penjaringan Balon kepala daerah. Salah satunya dari aspek ekonomi kreatif, keberpihakan meningkatkan UMKM, guna meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Semarang dengan prinsip keadilan sosial. .

Sementara itu Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang Pujo Pramujito menerangkan penjaringan Cabup-cawabup sudah ditutup. Saat ini sudah ada 4 pendaftar. Di antaranya  H Ngesti Nugraha sebagai Cabup, sedangkan tiga lainnta sebagai Cawabup. Di antaranya  Nur Arifah, Ricky Ananta, dan H Basari. (*/ful)