BPJS Ketenagakerjaan Malang Tolak Korupsi dan Gratifikasi, Peringati Hakordia 2022

Korupsi adalah tindakan memperkaya diri sendiri yang dilakukan secara sengaja. Sementara gratifikasi, merupakan suatu pemberian.

BPJS Ketenagakerjaan Malang Tolak Korupsi dan Gratifikasi, Peringati Hakordia 2022
Peringati Hakordia 2022, BPJS Ketenagakerjaan Malang Tolak Korupsi dan Gratifikasi

NUSADAILY.COM – MALANG – Peringati Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2022 BPJS Ketenagakerjaan cabang Malang menggelar sosialisasi tentang korupsi dan gratifikasi. Kepala Kantor BPJS Cabang Malang, Widodo, menghimbau pada masyarakat agar menolak segala bentuk korupsi dan gratifikasi.

Korupsi adalah tindakan memperkaya diri sendiri yang dilakukan secara sengaja. Sementara gratifikasi, merupakan suatu pemberian. Seseorang untuk mendapat project tertentu misalnya. Kami sangat mendukung dan mendorong adanya anti korupsi dan anti gratifikasi. Korupsi dalam bentuk waktu merupakan aktivitas yang dilakukan merugikan banyak orang. Di agama kita sangat dilarang,” ujar Widodo pada Jumat (09/12/2022).

BACA JUGA : Pasar Gondanglegi Malang, Prabowo Temui Pedagang

Hakordia tahun ini, sambung Widodo, mengusung tema Indonesia Pulih Bersatu melawan korupsi. BPJS ketenagakerjaan merupakan lembaga yang melawan korupsi sudah memiliki link atau saluran khusus jika memang ditemukan pelanggaran saat pelayanan. “Harus saya tegaskan tidak ada biaya apapun, petugas kami dilarang memungut apapun. Itu termasuk bagian dari korupsi. Mulai security, pelayanan, sampai pembayaran semuanya gratis,” ujar Widodo.

Selain itu, petugas BPJS juga dilarang menerima pemberian dalam bentuk apapun. Jika memang merasa ada yang dirugikan, khususnya ada pemungutan biaya, Widodo menghimbau masyarakat agar segera melaporkan. Pelaporan dapat diakses secara daring melalui tautan wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id.

“Itu bagian dari kami menjaga integritas dari kami di lingkungan BPJS. Setidaknya apa yang dikatakan, bagian dari mengkampanyekan anti korupsi dan anti gratifikasi,” imbuhnya.

BACA JUGA : Peserta Lolos Tes Tulis Diumumkan, KPU Kota Malang Gelar...

Dia mengajak masyarakat agar bersama-sama memperingati hari anti korupsi sedunia dengan mendukung indonesia pulih melawan korupsi. “Minimal mulai dari diri sendiri, agar bisa tenang. Kita lebih baik lakukan sesuatu apa adanya, jujur, dan hindari korupsi. Lakukan pekerjaan sesuatu dengan aturan dan jauhi korupsi. Hindari korupsi. Bekerja secara berintegritas,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi di ruang pelayanan. Masyarakat diajak untuk lebih tahu tentang korupsi dan gratifikasi. Peserta yang aktif saat sosialisasi diberikan apresiasi berupa bingkisan.(ris)