BPBD Ungkap Ada 3 Patahan Pemicu Gempa Bumi di Kabupaten Probolinggo

Gempa itu berkekuatan M 4,1. Sesar itu berada di wilayah timur, dengan nama Sesar Wongsorejo.

BPBD Ungkap Ada 3 Patahan Pemicu Gempa Bumi di Kabupaten Probolinggo
Gempa probolinggo/ BPBD Kabupaten Probolinggo

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyebut di wilayahnya terdapat tiga sesar atau patahan yang memicu terjadinya gempa bumi. Sesar ini tersebar di Kabupaten Probolinggo.

BACA JUGA : Jokowi Kembali Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Cianjur,...

"Ada 3 sesar di Probolinggo," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo saat dikonfirmasi, dilansir detikJatim, Kamis (24/11/2022).

Rachmad menyebut salah satunya terjadi pada Rabu kemarin (23/11). Gempa itu berkekuatan M 4,1. Sesar itu berada di wilayah timur, dengan nama Sesar Wongsorejo.

"Betul, di Desa Tambak Ukir itu Sesar Wongsorejo (gempa M 4,1 Probolinggo). Karena kalau Sesar Probolinggo setahu saya dari Kecamatan Gending ke daerah Pasuruan. Sedangkan kemarin itu masuk sesar yang sebelah timur," ujarnya.

BACA JUGA : Gempa Bumi M 7,3 di Filipina, Bangunan Hancur dan Listrik Terputus

Sesar kedua yakni berada di bagian barat atau Kecamatan Tongas yang bisa terjadi gempa jika Sesar Pasuruan ini bergerak aktif. Sesar ini terbentang dari barat ke arah timur pada Kecamatan Lekok dan Nguling, Kabupaten Pasuruan, dengan panjang sekitar 13 km.

Ketiga, sesar yang berada di Kabupaten Probolinggo wilayah tengah, seperti Kecamatan Gending, bisa terjadi gempa bumi jika Sesar Probolinggo aktif bergerak. Setiap tahun Sesar Probolinggo ini bergerak sebesar 0,2 mm.(ros)