Borong Sederet Penghargaan AHI 2022, Kota Malang Bersiap Jadi Pusat Media dan Kehumasan Nasional

Atas sederet penghargaan AHI 2022, Pemerintah Kota Malang mendapat predikat Juara Platinum untuk kategori Pemerintah Daerah. Sutiaji menyatakan bahwa Kota Malang siap memberikan kontribusi lebih tinggi terhadap perkembangan kehumasan nasional.

Borong Sederet Penghargaan AHI 2022, Kota Malang Bersiap Jadi Pusat Media dan Kehumasan Nasional
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan. (doc. nusadaily.com)

NUSADAILY.COM - KOTA MALANG - Pemerintah Kota Malang memborong sejumlah penghargaan dalam ajang bergengsi Anugerah Humas Indonesia (AHI), yang digelar pada 26-28 Oktober 2022. 

Didapuk sebagai tuan rumah gelaran keempat AHI, penghargaan yang diraih Pemerintah Kota Malang antara lain Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji sebagai Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022, Pemerintah Kota Malang sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022. 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang meraih penghargaan kategori Media Internal, Sub-Kategori E-Magazine, BALAIKOTA NEWS, Edisi 1, 1 April 2022, kategori Media Internal, Sub-Kategori Video Profile, serta kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Media Sosial Instagram.

Atas sederet penghargaan tersebut, Pemerintah Kota Malang mendapat predikat Juara Platinum untuk kategori Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA: Semarak Hari Santri, Wali Kota Malang Buka Halal Tourism..

"Komitmen dari Pemerintah Kota Malang Insya Allah saat ini yang terus kita kuatkan bersama sama adalah bagaimana membangun komunitas-komunitas yang ada ini menjadi sebuah satu kesatuan bersama. Bahwa membangun bukan miliknya Pemerintah Kota Malang saja. Negara bukan miliknya siapa yang memimpin, tapi adalah pemilik kita semua. Sehingga kehumasan sangat sangat mempunyai peran yang luar biasa," kata Sutiaji saat memberikan sambutan dalam malam Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022, di Hotel Atria Malang, Jumat (28/10/2022).

Sejalan dengan komitmen tersebut, Sutiaji menyatakan bahwa Kota Malang siap memberikan kontribusi lebih tinggi terhadap perkembangan kehumasan nasional.

"Kami ucapkan terima kasih anugerah kali ini ditempatkan di Kota Malang dan mudahan kami ke depan jauh lebih bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan kehumasan di Indonesia. Terima kasih dari Malang untuk Indonesia dan dunia. Mudah mudahan tidak menjadi omongan kosong, tapi akan menjadi sebuah kenyataan," lanjutnya. 

Sementara itu, CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan mengungkapkan, rangkaian acara acara Anugerah Humas Indonesia ini fokus pada tema "Inovasi Keterbukaan Publik untuk Indonesia Maju". 

Ia menilai bahwa isu keterbukaan informasi publik tersebut merupakan hal yang  penting bagi institusi pemerintahan. Sehingga nantinya masyarakat bisa memberikan rasa percayanya kepada kebijakan yang dikeluarkan.

Untuk itu, menurutnya, Humas merupakan garda terdepan pengampu komunikasi publik. 

"Itulah sebabnya kami di Humas Indonesia yakin bahwa humas itu penting dan strategis. Kami menghadirkan Anugerah Humas Indonesia untuk Anda semua," kata Asmono Wikan. 

Asmono mengatakan, pada malam AHI 2022 ini, terdapat 38 lembaga publik yang meraih kemenangan setelah berkompetisi sejak dua bulan lalu. Ada pula sejumlah penghargaan pemimpin dari institusi yang populer di media digital.

Mengamini harapan Wali Kota Malang, Asmono menyatakan pihaknya akan mendukung penuh Kota Malang sebagai pusat media dan kehumasan nasional. 

"Malang sekarang tidak hanya sebagai kota wisata tapi juga kota pendidikan. Tentu saja, selanjutnya Malang akan menjadi kota pusat media dan pusat kehumasan nasional. Kami akan mendukung Malang menggapai prestasi yang lebih tinggi lagi, semakin strategis dan menjadi barometer kehumasan nasional maupun internasional," tandas Asmono. 

Sebagai informasi, deretan pemenang pemimpin terpopuler dan institusi terpopuler di media digital, sektor kementerian antara lain: Menteri luar negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi; Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono; serta Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono.

Selanjutnya pemimpin terpopuler di media digital sektor Pemerintah Provinsi adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru; Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Sementara pemenang pemimpin terpopuler di media digital sektor Pemerintah Kota diraih oleh Wali Kota Malang, Sutiaji; Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah; Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto; Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi; dan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Hadir langsung dalam malam AHI 2022 bersama Wali Kota Sutiaji, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof. Tjitjik, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Arif Satria, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, dan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin. (lna)