Bocoran Menu Makan Siang Para Kepala Negara G20 di Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para kepala negara G20 makan siang di Bamboo Dome, Nusa Dua, Bali. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membocorkan menu makan siang para kepala negara G20.

Bocoran Menu Makan Siang Para Kepala Negara G20 di Bali
Foto: Dok. YouTube Sekretariat Presiden

NUSADAILY.COM – BADUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para kepala negara G20 makan siang di Bamboo Dome, Nusa Dua, Bali. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membocorkan menu makan siang para kepala negara G20.

"Jenis makanan di leaders tadi beragam tapi banyak pilihan sayur-sayuran dari Indonesia. Nanti akan ada lengkapnya dari tim media center yang akan melaporkan karena leaders lunch baru saja berakhir pukul 14.30 tadi dan para leaders kembali ke ruangan untuk meneruskan KTT," ujar Sandiaga di Bali International Convention Center (BICC), Selasa (15/11/2022).

BACA JUGA: Jokowi Tawari Australia Kerja Sama Transisi Energi: Gabungkan Litium dengan Nikel


Sandiaga juga mengatakan pertemuan para kepala negara G20 berjalan sedikit lebih lama. "Saya juga melihat tadi di leaders meeting intervensi-intervensinya beberapa yang lewat dari target waktu 3 menit, jadi sedikit mundur dari rencana waktu lunch," ujar Sandiaga.

Menu Makan Siang Istri Kepala Negara G20

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan spouse program atau program untuk istri-istri kepala negara G20 selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 15-16 November 2022. Acara hari pertama diklaim telah berjalan lancar.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan spouse program mengangkat tema 'The Journey: Indonesian Sustainable Living Culture', yang menyajikan tentang budaya hidup berkelanjutan di Indonesia di mana manusia hidup harmonis, mengedepankan isu lingkungan dan keterlibatan UMKM kreatif. Acara dibalut dengan merasakan pengalaman melalui 5 panca indra.

"Acara berjalan kurang lebih selama 2,5 jam dengan kondisi cuaca yang cukup bersahabat dan mereka terlihat sangat menikmati keragaman budaya Indonesia dari Aceh hingga Papua yang kami hadirkan," kata Angela.

Untuk merasakan pengalaman melalui indra pengecap (lidah), para istri kepala negara G20 dijamu dengan masakan tradisional Indonesia yang diolah dengan cara modern. Ada dua juru masak yang membuat makanan tersebut salah satunya Chef Wayan Kresnayasa.
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani menjelaskan makanan yang dihidangkan untuk para istri kepala negara G20 di antaranya acar dari daun lontar hingga gado-gado.

"Ada emping dari Aceh langsung, kemudian ada acar dibuat dari lontar, jadi memang kita menampilkan makanan-makanan yang berasal dari akar, daun, buah, atau ada dari daun-daunannya," beber Rizky.

"Kita menampilkan rujak buah di situ dan dari makanannya kita menampilkan beras merah dari Jawa, kemudian sayur-sayuran gado-gado yang dibungkus dengan sangat cantik atau urap, kemudian tuna dari Maluku yang dimasak dengan sambal matah, kemudian ada bebek," tambahnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Makan Siang Bersama Para Pemimpin G20, Ada Erdogan-Pangeran MBS


Sandiaga menilai spouse program ini sangat penting dalam perhelatan KTT G20. Dia berharap acara ini dapat memberikan efek positif atau sarana promosi bagi UMKM kreatif Indonesia.

"Spouse program sangat penting walau G20-nya sukses, tapi (kalau) istri-istri dan pendamping dari kepala negaranya tidak terlayani dengan baik, maka ini berpotensi untuk tidak memberikan satu pengalaman yang baik," tutupnya.(eky)