Berhubungan Seks Saat Istri Sudah Menopause, Ini Kata Dokter

Menopause merupakan proses biologis alami yang menandai berakhirnya masa menstruasi seorang wanita. Fase ini bisa terjadi pada usia 40 atau 50 tahunan.

Berhubungan Seks Saat Istri Sudah Menopause, Ini Kata Dokter
Ilustrasi (Foto: Independent)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Menopause merupakan proses biologis alami yang menandai berakhirnya masa menstruasi seorang wanita. Fase ini bisa terjadi pada usia 40 atau 50 tahunan.

Menjelang menopause atau perimenopause, salah satu tanda yang seringkali dialami adalah periode menstruasi yang terlewat satu atau beberapa bulan. Namun, siklus menstruasi itu akan terjadi lagi selama beberapa bulan.

Ketika memasuki masa menopause, siklus menstruasi lebih pendek sehingga lebih berdekatan. Meski tidak teratur, seseorang yang tengah menjelang menopause ini masih mungkin untuk hamil.

Adakah persiapan yang diperlukan seorang suami jika sang istri memasuki masa menopause?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Primaya Hospital Makassar, dr Ferry Wijaya, SpOG, K-FER, mengatakan untuk para suami yang istrinya tengah menghadapi menopause tidak perlu ada yang dilakukan.

"Untuk suami tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan. Namun, bisa mendampingi sang istri yang tengah menghadapi menopause," kata dr Ferry pada detikcom, Kamis (23/2/2023).

Namun, untuk wanita ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum memasuki masa menopause. Misalnya seperti diet sehat hingga olahraga teratur.

"Untuk istrinya, sebaiknya diusahakan agar menjalankan diet sehat dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Perlu juga menjaga berat badan ideal dan olahraga teratur," jelasnya.

Apakah aman jika berhubungan seks saat istri sudah menopause?
Dikutip dari Healthline, saat wanita memasuki masa menopause mungkin beberapa di antaranya mengalami perubahan pada libido atau dorongan seksnya. Namun, kondisi ini sangat umum terjadi.

Menurut dr Ferry, jika suami atau istri merasakan adanya keluhan seperti sulit berhubungan seks saat masuk masa menopause, disarankan untuk segera berkonsultasi ke pakarnya.

"Jika ada keluhan menopause seperti mudah lelah ataupun kesulitan dalam hubungan suami istri, sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter kandungan," pungkasnya.(eky)