Beredar Video Kericuhan Acara PMII di Tulungagung, Kursi Beterbangan

Momen detik-detik suasana ricuh itu sempat terekam dalam siaran langsung pembukaan Muspimnas yang disiarkan di kanal YouTube PMII.

Beredar Video Kericuhan Acara PMII di Tulungagung, Kursi Beterbangan
ilustrasi kericuhan

NUSADAILY.COM – TULUNGAGUNG – Video kericuhan beredar luas di medsos saat pembukaan Musyawarah Pimpinan Nasional Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (17/11) petang.

Dalam video yang beredar, kericuhan terjadi ketika Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi tengah mengawali pidatonya. Peserta terlihat saling tunjuk, saling dorong hingga saling melempar kursi.

Para peserta perempuan yang hadir pada Muspimnas itu terlihat berupaya menghindari kericuhan.

Momen detik-detik suasana ricuh itu sempat terekam dalam siaran langsung pembukaan Muspimnas yang disiarkan di kanal YouTube PMII.

Awalnya, Zainut tengah menyapa para tokoh yang hadir, mulai dari Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Bupati Tulungagung, Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah hingga pihak Polres dan Dandim.

Ketika Zainut hendak menyapa pengurus PBNU yang hadir, ia tiba-tiba menyetop pidatonya. Terlihat lalu lalang peserta pada momen itu sebelum akhirnya siaran dimatikan.

Dihubungi terpisah, Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Muhammad Anshori membenarkan soal peristiwa kericuhan itu. Ia mengatakan kejadian bermula saat ada pihak mahasiswa yang hendak bertemu tokoh yang hadir pada acara itu.

"Dia mau minta ketemu sama salah satu tokoh siapa tadi. Nah, sebetulnya sudah mau diterima tapi perwakilan saja, tapi rekan-rekan mahasiswa enggak mau harus ketemu bersama-sama," kata Ashori mengutip CNNIndonesia.com.

Namun, Ashori memastikan saat ini kondisi Muspimnas PMII sudah kondusif. Agenda rapat-rapat pun kembali digelar.

"Pas prosesnya tadi saja. Sekarang sudah aman. Sekarang sudah mulai kegiatan lagi dan sudah kondusif," kata dia.

Adapun Muspimnas PMII di UIN Tulungagung digelar pada 17 sampai 24 November 2022.(han)