Belanda Disingkirkan Inggris 1-2 di Semi Final Euro 2024

"Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan sesuatu mengenai hal ini. Wasit masuk cukup cepat ke ruangannya setelah pertandingan dan tidak memiliki waktu untuk berjabat tangan, itu bisa menjelaskan segalanya," ucap Van Dijk setelah pertandingan seperti dilansir dari Express.

Jul 11, 2024 - 08:28
Belanda Disingkirkan Inggris 1-2 di Semi Final Euro 2024

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kapten timnas Belanda Virgil van Dijk menyoroti keputusan wasit Felix Zwayer saat disingkirkan Inggris dengan skor 1-2 pada semifinal Euro 2024, Kamis (11/7) dini hari WIB.

Hal ini berkaitan dengan penalti yang didapat Inggris di babak pertama.

Zwayer menunjuk titik penalti setelah melihat insiden yang melibatkan Harry Kane dan Denzel Dumfries di kotak penalti Belanda melalui layar Video Assistant Referee (VAR) pada menit ke-14.

Penalti diberikan karena terjadi kontak antara kaki Dumfries dan Kane tepat setelah pemain Bayern Munchen itu melepaskan tembakan voli yang tidak berujung gol.

"Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan sesuatu mengenai hal ini. Wasit masuk cukup cepat ke ruangannya setelah pertandingan dan tidak memiliki waktu untuk berjabat tangan, itu bisa menjelaskan segalanya," ucap Van Dijk setelah pertandingan seperti dilansir dari Express.

"Itulah yang terjadi. Pertandingan sudah selesai dan itu [hasil ini] sulit untuk diterima. Di beberapa momen tertentu jelas bahwa [keputusan] seharusnya terjadi untuk kami, namun ternyata tidak seperti itu. Saya tidak tahu harus berkata apa, sulit untuk menerima hal ini," ia melanjutkan.

Penalti untuk Inggris itu memang jadi salah satu faktor penentu di laga ini. Kane yang maju sebagai eksekutor bisa menuntaskan tugasnya dengan baik untuk membuat skor jadi 1-1.

Sebelum itu, Belanda bisa unggul lebih dulu 1-0 berkat tendangan roket Xavi Simons ketika pertandingan baru berjalan tujuh menit.

Inggris pada akhirnya bisa keluar sebagai pemenang lewat gol yang dicetak Ollie Watkins pada masa injury time babak kedua.

Hasil ini membuat langkah Belanda terhenti dan Inggris lolos ke final Euro 2024 untuk bersua Spanyol, Senin (15/7) dini hari WIB.(han)