Begini Pesan Anies Baswedan ke Para Relawan: “Kita Rombongan yang Mempersatukan”

"Janji sama saya semua relawan jangan terbawa ikut-ikutan, menjelekkan, bila kita dijelekkan dijawab Assalamualaikum. Dan sampaikan ke semua bahwa kita ingin bersatu, bekerja bersama, dan ini adalah ikhtiar untuk semua," tegasnya.

NUSADAILY.COM – YOGYAKARTA – Calon Presiden (Capres) Partai NasDem Anies Baswedan, kembali dideklarasikan sebagai calon presiden 2024 oleh Forum Ka'bah Membangun (FKM) di Grand Pacific, Mlati, Sleman, Kamis (16/11).

Dalam acara deklarasi itu, Anies menyampaikan sederet pesan lewat sebuah orasi politik yang ia sampaikan kepada para relawan pendukungnya.

"Saya ingin sampaikan pada semua bahwa semua para relawan mari kita pastikan bahwa kita bukan rombongan pemecah belah, kita rombongan yang mempersatukan. Jangkau semua," kata Anies.

Anies berpesan agar menghindari sikap atau perbuatan saling mencela atau menjatuhkan satu sama lain. Dia mengajak semua agar fokus berbuat kebaikan.

"Tidak perlu menjelekkan siapapun. Biasanya yang menjelekkan itu sedang jelek. Kalau yang sudah baik tidak perlu menjelekkan yang lain, tunjukkan kebaikannya. Kalau sudah baik buat apa menjelekkan, kita tinggal tunjukkan kebaikannya. Kenapa kalau bicara positif ya memang insyaallah kita positif. Kalau yang bicara negatif ya nanti negatif," ungkapnya.

"Janji sama saya semua relawan jangan terbawa ikut-ikutan, menjelekkan, bila kita dijelekkan dijawab Assalamualaikum. Dan sampaikan ke semua bahwa kita ingin bersatu, bekerja bersama, dan ini adalah ikhtiar untuk semua," tegasnya.

Mantan Menteri Pendidikan itu turut mengajak para relawan untuk melupakan persaingan masa lalu yang timbul akibat gesekan selama Pemilihan Gubernur 2017 silam. Bahu-membahu membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Pesan kedua Anies adalah meminta para relawan tak sekadar mempromosikan visi dan misi. Namun juga menunjukkan rekam jejak dirinya kala bekerja di kursi pemerintahan sebagai bukti atas berbagai tudingan.

"Buktinya gampang, lihat saja di Jakarta, sudah lima tahun silakan tengok, dan alhamdulillah yang dijanjikan dengan izin Allah tertunaikan semua," ucapnya.

"Jadi satu, jangan menjelekkan siapapun. Kedua bawa rekam jejak dan jangan pernah ikut-ikutan menyebarkan hoax. Kita tunjukkan perjuangan kita adalah perjuangan bebas hoax, yang membawa pesan-pesan kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan," lanjut Anies.

Bagi Anies, relawan masih memiliki banyak waktu yaitu sekitar 16 bulan sebelum Pilpres 2024 bergulir. Ia berpesan agar bekerja secara kolektif, sistematis, dan tak memaksakan diri untuk bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Sekaligus berharap doakan kami agar kami dapat menjalankan amanat ini dengan baik. Bisa amanah, bisa istiqomah, bisa menjalani amanah ini. Saya terima sebagai sebuah amanah," pungkasnya.(han)