Beberapa Tips Atasi Rasa Lapar Terus Menerus

Merasa lapar adalah hal normal yang dirasakan setiap manusia, namun rasa lapar ini jadi sesuatu yang abnormal jika dirasakan terus menerus.

Beberapa Tips Atasi Rasa Lapar Terus Menerus
tips mengatasi rasa lapar yang sering datang, (Foto: Freepik)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Merasa lapar adalah hal normal yang dirasakan setiap manusia, namun rasa lapar ini jadi sesuatu yang abnormal jika dirasakan terus menerus.

Ya, sebagian orang ada yang merasa lapar terus menerus, meski sudah makan secara teratur. Rasa lapar terus-menerus yang tak normal ini, jadi indikasi ada masalah di kesehatan Anda. Bisa karena kurang tidur, hingga stres level tinggi, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi food craving atau lapar terus menerus tersebut dengan lima tips dari para ahli kesehatan di bawah ini, sebagaimana dilansir dari NDTV, Jumat (28/4/2023).

1. Tidur yang cukup: Kenapa? Karena membiasakan diri untuk tidur pada waktu yang teratur dan tidur yang cukup sangat penting untuk mengatur rasa lapar loh! Kalau siklus tidur berantakan, kemungkinan besar akan merasa lapar pada jam-jam tertentu. "Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor dalam pengendalian nafsu makan, karena mengatur ghrelin, hormon perangsang nafsu makan," ujar Ahli gizi Lovneet Batra.

2. Makan dengan fokus: Studi menunjukkan bahwa orang yang makan dengan terdistraksi, terganggu cenderung jadai makan lebih banyak dan tidak sadar ketika sudah kenyang. Makanya, fokus dan perhatikan makanan dan perhatikan apa yang sedang dimakan.

“Kunyah makanan pelan-pelan karena ini akan membantu kita bisa mengenali sinyal kenyang tubuh dengan lebih baik dan mengonsumsi lebih sedikit kalori," kata Ritika Sammdar, Regional Head, Dietitics di Max Healthcare.

3. Ngemil sebentar: Kadang-kadang kita hanya merasa perlu ngemil bahkan tanpa merasa lapar. Penting untuk mengidentifikasi apakah dorongan untuk mengemil ini, lebih karena hanya bosan atau benar-benar butuh karena memang lapar. Jika benar-benar ingin ngemil, pilihlah pilihan yang sehat.

4. Banyak minum air mineral: Tubuh sering dikacaukan antara rasa lapar dan haus, maka dari itu penting untuk bisa membedakan keduanya. Itulah mengapa terkadang hanya minum segelas air saja sudah cukup. Pastikan untuk minum banyak air secara berkala sepanjang hari, untuk mengatasi rasa mengidam makanan dan menahan rasa lapar lebih lama.

5. Makan makanan yang tepat: Alih-alih yang tak mengenyangkan dan hanya tinggi lemak serta kalori. Pilih makanan tinggi serat dan protein ideal untuk menahan rasa lapar lebih lama dan mengatasi rasa lapar sebelum waktunya.

(roi)