BAZNAS Raih Penghargaan Akuntabilitas Terbaik Anugerah Syariah Republika 2022

Syariah sebagai bentuk apresiasi kepada industri syariah dan para pelakunya atas kiprah membangun negeri.

BAZNAS Raih Penghargaan Akuntabilitas Terbaik Anugerah Syariah Republika 2022
H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan saat menerima penghargaan.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendapat penghargaan dalam Anugerah Syariah Republika 2022 untuk kategori Akuntabilitas Terbaik. 

Penghargaan bertema #SyariahUntuk Semua itu sebagai bentuk apresiasi kepada industri syariah dan para pelakunya atas kiprah membangun negeri. 

"Kami sangat bersyukur, ini bukanlah pertama kalinya BAZNAS mendapat penghargaan dari Republika.  Tentu ini akan semakin memotivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik. Ini bukti BAZNAS diakui kinerjanya karena Republika merupakan media muslim terkemuka dan sangat kredibel," kata Pimpinan BAZNAS Bidang Pengumpulan, H Rizaludin Kurniawan S.Ag, M.Si, di Jakarta, Selasa (29/11/2022). 

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA turut mengucapkan apresiasinya untuk penghargaan yang diterima BAZNAS. Menurutnya, hal ini akan menjadi pelecut semangat bagi amilin dan amilat untuk terus berkarya dan berjuang demi kepentingan umat.

"Alhamdulillah, ini merupakan prestasi amilin amilat yang luar biasa yang diakui oleh pihak luar. Kita sangat apresiasi dan tentu menerima awards tersebut dengan penuh kebanggaan. Terima kasih kepada amilin amilat yang telah bekeeja keras memajukan BAZNAS. Semoga Allah SWT memberkahi dengan keberkahan sebanyak-banyaknya kepada para pemberi award dan kita semua, amilin amilat. Insya Allah kita terus bekerja dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan," kata Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Noor menambahkan, penghargaan ini akan memotivasi BAZNAS untuk terus menjaga kepercayaan publik dalam setiap aksi dan programnya. 

"Penghargaan ini tentu akan memacu BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang diberi amanah mengelola dana zakat, untuk terus mempertahankan transparansi dan akuntabilitas di setiap kegiatannya," katanya. 

Berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel, BAZNAS terus berupaya memperkuat pelaporan pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) baik di BAZNAS RI, BAZNAS provinsi/kabupaten/kota. 

"Sejak didirikan pada tahun 2001 hingga kini , laporan keuangan BAZNAS RI selalu memperoleh predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Opini WTP merupakan yang tertinggi dalam audit laporan keuangan dari auditor independen KAP. Hal ini yang terus kita pertahankan sebagai upaya menjaga kepercayaan publik yang telah mempercayakan zakat, infak, dan sedekahnya melalui BAZNAS," kata Noor.

Penghargaan ini menambah panjang deretan penghargaan yang diperoleh dari Republika. Sebelumnya BAZNAS menerima Penghargaaan Anugerah Syariah Republika Award 2018 untuk kategori “The Most Favourite Philantrophy Institution”, Penghargaaan Anugerah Syariah Republika Award 2019 untuk kategori “Organisasi Pengelola Zakat dengan Pelayanan Terbaik”, dan Penghargaan Lembaga Zakat Pelayanan Terbaik Kelompok Lembaga Filantropi dalam acara tahunan Anugerah Syariah Republika 2020. (hud)