Bawaslu RI Tengah Telusuri Dugaan Parpol TMS di Sulbar Tapi Diloloskan KPU

"Untuk saat ini, belum ada pelanggaran, tetapi Sulawesi Barat, ada dugaan pelanggaran, masih proses sidang," kata Totok saat ditemui di Batu, Sabtu (26/11). Totok mengatakan ada partai yang sebenarnya tak lolos verifikasi faktual di Sulawesi Barat. Partai tersebut diduga tak memenuhi syarat mengenai keanggotaan di daerah.

Bawaslu RI Tengah Telusuri Dugaan Parpol TMS di Sulbar Tapi Diloloskan KPU

NUSADAILY.COM – BATU – Totok Hariyono, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), menyebut tengah menelusuri adanya dugaan partai politik yang tak memenuhi syarat (TMS) namun tetap loloskan verifikasi faktual Pemilu 2024.

Totok mengatakan, hal itu diduga terjadi di Sulawesi Barat. Bawaslu sedang memeriksa dugaan itu.

"Untuk saat ini, belum ada pelanggaran, tetapi Sulawesi Barat, ada dugaan pelanggaran, masih proses sidang," kata Totok saat ditemui di Batu, Sabtu (26/11).

Totok mengatakan ada partai yang sebenarnya tak lolos verifikasi faktual di Sulawesi Barat. Partai tersebut diduga tak memenuhi syarat mengenai keanggotaan di daerah.

Meski demikian, KPU tetap meloloskan partai tersebut. Bawaslu sedang berupaya menelusuri dugaan tersebut.

"Ada keanggotaan yang dilihat tidak memenuhi syarat, tetapi bisa memenuhi syarat, nah itu yang sedang berjalan saat ini," ujarnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Komisioner KPU belum memberikan tanggapan mengenai dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU.(wok/han)