Banjir Rendam 20 RT di Wilayah DKI Jakarta Akibat Sejumlah Sungai Meluap

Banjir merendam sejumlah wilayah DKI Jakarta, Rabu (26/10) pagi ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dan sejumlah sungai meluap.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Banjir merendam sejumlah wilayah DKI Jakarta, Rabu (26/10) pagi ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan banjir disebabkan curah hujan yang tinggi dan sejumlah sungai meluap.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan berdasarkan data terakhir pukul 06.00 WIB, terdapat 20 RT di Jakarta yang terendam banjir.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 12 RT, saat ini menjadi 20 RT atau 0,066 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Isnawa saat dikonfirmasi, Rabu (26/10).

BACA JUGA : BMKG Juanda: Waspada Banjir Surabaya Usai Diguyur Hujan Lebat Siang Hingga Malam

RT yang masih tergenang banjir di antaranya satu RT di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air sekitar 45 cm. BPBD melaporkan banjir di Rawajati diakibatkan curah hujan tinggi dan luapan Sungai Ciliwung.

Kemudian, BPBD mencatat 19 RT di Jakarta Timur juga terendam banjir. Berikut rinciannya:

Kelurahan Cililitan
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 80 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Item

Kelurahan Cawang
- Jumlah: 7 RT
- Ketinggian: 40-120 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

BACA JUGA : BPBD Malang: Korban Banjir di Malang Selatan Capai 600 Keluarga

Kelurahan Kampung Melayu
- Jumlah: 6 RT
- Ketinggian: 50-80 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Bidara Cina
- Jumlah: 5 RT
- Ketinggian: 50 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Isnawa menambahkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (25/10) menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada).

BPBD DKI Jakarta juga telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Selain itu, pihak-pihak terkait tengah melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.(lal)