Bahas Keuangan Ukraina, Menteri Keuangan AS Adakan Pertemuan Secara Virtual dengan PM Ukraina

Departemen Keuangan AS mengeluarkan pernyataan pada tanggal 18 waktu setempat, mengatakan bahwa Menteri Keuangan Yellen mengadakan pertemuan online dengan Perdana Menteri Ukraina Shmegar untuk membahas kebutuhan keuangan Ukraina.

Bahas Keuangan Ukraina, Menteri Keuangan AS Adakan Pertemuan Secara Virtual dengan PM Ukraina
menteri keuangan AS, sumber dari google

NUSADAILY.COM - JAKARTA- Departemen Keuangan AS mengeluarkan pernyataan pada tanggal 18 waktu setempat, mengatakan bahwa Menteri Keuangan Yellen mengadakan pertemuan online dengan Perdana Menteri Ukraina Shmegar untuk membahas kebutuhan keuangan Ukraina.

Melansir chinanews.com, Pernyataan itu mengatakan bahwa Yellen menegaskan kembali kepada Shmegal tekad Amerika Serikat untuk secara tegas mendukung Ukraina, dan mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang mempersiapkan bantuan $ 4,5 miliar ke Ukraina.

BACA JUGA: AS Beri Ukraina Bantuan Militer $725 Juta, Termasuk Kendaraan...

Yellen juga mengatakan bahwa AS tahu bahwa Ukraina masih membutuhkan "dukungan keuangan yang signifikan" tahun depan untuk mempertahankan operasi pemerintah dan proyek pemulihan darurat.

Menurut Reuters, pejabat Ukraina dan Dana Moneter Internasional (IMF) saat ini berada di Wina, Austria, untuk membahas perkembangan ekonomi makro jangka panjang dan kebutuhan fiskal Ukraina.

Pada pertemuan tahunan musim gugur IMF Bank Dunia pekan lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada pertemuan virtual bahwa Ukraina membutuhkan setidaknya $55 miliar dalam waktu dekat.

Termasuk $38 miliar untuk menutupi kesenjangan anggaran tahun depan dan $17 miliar Dolar digunakan untuk mulai membangun kembali infrastruktur inti seperti sekolah, perumahan, fasilitas energi, dan banyak lagi.

BACA JUGA: 11 Tewas, 64 Terluka dalam Serangan Udara di Ukraina

Bank Dunia memperkirakan dalam sebuah laporan baru-baru ini bahwa membangun kembali Ukraina akan membutuhkan setidaknya $349 miliar, setara dengan 1,5 kali total output ekonomi Ukraina pada tahun 2021.(mdr3)