Awas! Jakarta Timur dan Jakarta Selatan Berpotensi Banjir Hari Ini

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan dua wilayah di Jakarta, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir hari ini, Kamis (13/10).

Awas! Jakarta Timur dan Jakarta Selatan Berpotensi Banjir Hari Ini
Foto ilustrasi

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan dua wilayah di Jakarta, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir hari ini, Kamis (13/10).

Hal tersebut berdasarkan analisa data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk.

"Maka perlu diwaspadai potensi banjir pada tanggal 13 Oktober 2022 di wilayah DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur," demikian bunyi keterangan di laman resmi BNPB, sebagaimana dikutip Kamis (13/10).

BACA JUGA : Kali Ciliwung Meluap, 25 RT di DKI Terendam Banjir pada Pagi Hari Ini

Selain Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, BNPB juga mencatat ada delapan wilayah lain yang berpotensi banjir, yakni Bogor, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Banyumas, Kota Semarang, Kendal, Pekalongan, Tegal, dan Sidoarjo.

BNPB meminta pemerintah daerah untuk bisa mengambil langkah antisipasi kesiapsiagaan bencana banjir dengan memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air dan potensi risiko (wilayah genangan).

Kemudian berkoordinasi dengan stakeholder dalam mobilisasi tim siaga bencana dan sumber daya; menyiapkan tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan; menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan; dan membantu evakuasi kelompok rentan.

BNPB juga meminta warga bersiaga menghadapi potensi banjir tersebut, di antaranya menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah, menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga, dan lainnya).

BACA JUGA : Pemotor Wanita Hilang Terseret Banjir Hingga Jatuh ke Gorong-gorong di Bogor, BPBD: Kita Lanjut Pencarian Hari Ini

Sementara itu, BMKG juga memprediksi hujan lebat akan mengguyur wilayah Jabodetabek mulai hari ini hingga Jumat (14/10).

Status siaga yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, dan Jakarta Selatan. Sementara, untuk status waspada yakni Kabupaten Bekasi, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Depok, dan Tangerang Selatan.

BMKG menyebutkan potensi dampak dari hujan lebat di wilayah Jabodetabek itu di antaranya terjadi longsor hingga volume aliran sungai meningkat atau banjir.(lal)