Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kini perempuan boleh beribadah haji dan umrah tanpa wali laki-laki atau mahram.

Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram
(Foto: AP/HOGP)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kini perempuan boleh beribadah haji dan umrah tanpa wali laki-laki atau mahram.

Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah mengungkapkan hal tersebut melalui konferensi pers di Kedutaan Besar Saudi di Kairo, Mesir pada Selasa (11/10/2022). Setelah itu, Penasihat Layanan Haji dan Umrah Saudi, Ahmed Saleh Halabi, mengatakan bahwa perempuan yang beribadah tanpa mahram harus tetap ditemani wanita atau pihak lain.

Halabi mengatakan bahwa keputusan ini sesuai dengan fatwa pengawas AlAzhar AlSharif di Mesir, Abbas Shoman, pada Maret lalu.

"Abbas Shoman mengumumkan pada Maret lalu bahwa perempuan diizinkan melaksanakan haji dan umrah tanpa mahram," katanya seperti dilansir dari Arab News.

BACA JUGA: Asyik.. Bandara Kertajati Hidup Kembali, Bakal Layani Penerbangan Umrah

Sebenarnya pada Maret lalu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi juga sudah mengumumkan bahwa mereka mengizinkan perempuan beribadah umrah tanpa mahram.

Mantan penasihat Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Faten Ibrahim Hussein, mengatakan bahwa keputusan ini mempermudah perempuan yang selama ini kesulitan mencari mahram di tengah berbagai keterbatasan.

Selain itu, Saudi juga sudah melakukan berbagai upaya lain untuk mempermudah ibadah haji dan umrah secara keseluruhan, termasuk dengan menggunakan teknologi modern.

Saat ini Saudi memiliki sistem robot dan platform Nusk yang dapat mempermudah umat untuk mendaftarkan diri beribadah haji.

"Sekarang sudah bisa memesan izin umrah melalui platform itu dengan waktu singkat, dan setelah itu, visa bisa didapatkan dalam waktu 24 jam," kata Rabiah.(eky)