Antisipasi Inflasi, Pj Wali Kota Batu Pantau Pergerakan Harga Bahan Pangan

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melakukan sidak ke tempat relokasi pedagang Pasar Besar Batu yang berada di sekitar Stadion Gelora Brantas

Antisipasi Inflasi, Pj Wali Kota Batu Pantau Pergerakan Harga Bahan Pangan
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai memantau harga bahan pokok sebagai langkah antisipasi inflasi.

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melakukan sidak ke tempat relokasi pedagang Pasar Besar Batu yang berada di sekitar Stadion Gelora Brantas (Jum'at, 27/1). Ia turun langsung bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu untuk memantau pergerakan harga dan ketersediaan bahan pangan.

Kontrol harga bahan pangan merupakan bagian untuk mengantisipasi inflasi. Hal itu tindak lanjut dari rakor yang digelar Mendagri bersama seluruh pemda se Indonesia.

“Hasil dari rakor Kemendagri bahwa setiap pemda harus menjaga stabilitas inflasi daerah. Salah satunya dengan cara melakukan sidak pasar untuk menjaga harga-harga bahan pokok tetap terjaga,” ungkap Aries.

Ia menyampaikan bahwa sidak dan turun langsung ini diperlukan agar bisa mengetahui kebutuhan masyarakat, daya beli dan kondisi harga yang berkembang saat ini. 

“Kita berharap pedagang tidak menahan stok barang tapi harus dijual dan tidak menunggu kenaikan harga di pasar,” imbuh Aries. 

Selain itu, Aries menyampaikan progres pembangunan Pasar Besar Kota Batu kepada para pedagang yang kini menempati tempat relokasi. Ia mengatakan, pembangunan pasar diperkirakan rampung pada Mei nanti. 

“Sudah disiapkan regulasi untuk perpindahannya, perpindahan akan segera kita lakukan secara bertahap agar para pedagang, konsumen dan semua pihak bisa merasakan kenyamanan pasar induk yang baru,” pungkas Aries.(*)