Anak Berkebutuhan Khusus Tersesat di Lebak Bulus Dijemput Keluarga

Telah dijemput oleh keluarga pada hari Senin tanggal 21 November 2022 di tempat penampungan sementara Dinas Sosial Kedoya Jakarta Barat

Anak Berkebutuhan Khusus Tersesat di Lebak Bulus Dijemput Keluarga
Foto: istimewa

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Seorang anak laki-laki diduga berkebutuhan khusus yang ditemukan tersesat di salah satu apartemen kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel), telah dijemput keluarganya. Anak laki-laki itu bernama Bagus dan berusia 10 tahun.

"Telah dijemput oleh keluarga pada hari Senin tanggal 21 November 2022 di tempat penampungan sementara Dinas Sosial Kedoya Jakarta Barat," kata Kapolsek Cilandak, Kompol Multazam dalam keteranganya, Selasa (22/11/2022).

BACA JUGA : Anak Berkebutuhan Khusus Ditemukan Tersesat di Lebak Bulus

Multazam mengatakan Bagus kini tinggal bersama pamannya, Yerry, di Ciledug, Tanggerang. Dia menuturkan Bagus belum bisa berkomunikasi secara normal.

"Dari keterangan keluarga bahwa Bagus, 10 tahun, belum bisa berkomunikasi secara normal dan kondisi sekarang dirawat oleh pamannya, Pak Yerry, karena orang tua atau bapaknya telah meninggal dunia sedangkan ibu kandung sudah meninggalkan rumah," ucapnya, dilansir dari detik.com

Dia mengatakan Bagus kerap kali keluar rumah tanpa diketahui oleh Yerry. Dia menyebut, Yerry pun khawatir jika Bagus dimanfaatkan oleh orang yang tak dikenal saat keluar dari rumah.

"Anak tersebut sering keluar rumah tanpa sepengetahuan, berkali-kali, sehingga warga sudah hafal bila menemukan langsung menghubungi Pak Yery untuk dijemput kembali, yang dikhawatirkan oleh keluarga sewaktu pergi dimanfaatkan oleh orang yang mencari keuntungan ataupun melakukan tindakan kekerasan terhadap anak," tuturnya.

BACA JUGA : Duh! Suami Istri di Jakbar Cetak Uang Palsu, Sasar Pedagang Pasar

Selain itu, Multazam mengatakan Bagus memiliki kebutuhan khusus yaitu menderita autisme. Dia mengatakan Bagus masih dalam pengobatan terapi oleh pihak keluarga.

"Berdasarkan keterangan Yerry, anak tersebut memiliki kondisi authisme dan masih dalam pengobatan terapi oleh keluarga untuk penyembuhan secara bertahap," ujar Multazam.

Lebih lanjut, dia mengatakan polisi memberikan sejumlah bantuan sembako bagi Bagus. Dia mengimbau bagi masyarakat yang menemukan anak terlantar dapat menghubungi Dinas Sosial terdekat.

"Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Cilandak memberikan bantuan sosial sembako titipan Kapolres Metro Jakarta Selatan serta makanan ringan untuk meringankan beban keluarga anak tersebut," ujarnya.

"Imbauan kepada masyarakat apabila menemukan anak terlantar ataupun anak hilang dapat menghubungi Dinas Sosial Kedoya Jakarta barat ataupun Dinas Sosial Cipayung ataupun Dinsos Kecamatan terdekat," imbuhnya.

Sebelumnya, seorang anak laki-laki diduga berkebutuhan khusus ditemukan tersesat di salah satu apartemen kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel). Polisi menemukannya dan membawa anak tersebut ke Dinas Sosial (Dinsos).

Kompol Multazam Lisendra menyebut peristiwa itu terjadi pada Sabtu(19/11/2022), di Apartement Point Square, Lebak Bulus, Cilandak. Menurut Multazam, anak tersebut terpantau CCTV berada di Lantai 18 Tower B Apartement Point Square dalam keadaan kebingungan.(ros)