Alami Gagal Ginjal Akut, Seorang Anak di NTT Meninggal Dunia

Seorang anak di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang didiagnosa mengalami gagal ginjal akut misterius dilaporkan meninggal dunia. Anak tersebut meninggal sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali.

NUSADAILY.COM – KUPANG - Seorang anak di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang didiagnosa mengalami gagal ginjal akut misterius dilaporkan meninggal dunia. Anak tersebut meninggal sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali.

Anak laki-laki berusia 1 tahun 10 bulan tersebut meninggal di RSUD Waikabubak, Sumba Barat, Rabu (19/10) malam sekitar pukul 22.00 WITA.

"Selamat pagi, Pasien AKI (acute kidney injury) misterius di Sumba Barat meninggal tadi malam (Rabu, 19/10) pukul 10.00 Wita," kata Ketua IDAI NTT, dr Woro Indri Padmosiwi dalam pesan singkat yang dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (20/10) pagi.

Menurut Woro, pasien AKI atipikal yang mengalami gagal ginjal akut tersebut meninggal dunia setelah menjalani perawatan beberapa hari di RSUD Waikabubak.

BACA JUGA : Sebabkan Puluhan Anak Gagal Ginjal, BPOM Larang Keras 2 Bahan Obat Sirup Ini

Dia menyampaikan anak dengan kasus gagal ginjal misterius tersebut meninggal sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, Bali.

"Iya meninggal, tidak sempat dirujuk," ujarnya.

Sebelumnya, IDAI NTT melaporkan seorang anak laki-laki di Sumba Barat, NTT mengalami gagal ginjal akut.

Anak laki-laki tersebut kata Woro dibawa oleh orang tuanya ke RSUD Waikabubak beberapa hari lalu dalam keadaan sesak napas. Dari hasil observasi ditemukan gejala AKI Atipikal yang dialami oleh bayi tersebut.

BACA JUGA : Alami Gagal Ginjal, SDM PKH Probolinggo Galang Dana Bantu Linda

Tetapi lanjut Woro karena RSUD Waikabubak dan seluruh Rumah Sakit di NTT belum memiliki alat cuci darah khusus anak maka bayi tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali.

"Iya belum ada (alat cuci darah khusus anak di NTT), sehingga kasus yang baru dari Waikabubak akan di rujuk ke RS Sanglah," kata Woro.

Dengan meninggalnya pasien AKI tersebut maka saat ini NTT sudah ada dua kasus gagal ginjal misterius yang menjadi korban.

Sebelumnya IDAI NTT melaporkan satu kasus gagal ginjal akut pada anak yang berasal dari RSUD Ba"a Kabupaten Rote Ndao.

Anak laki-laki berusia 2 tahun itu meninggal dunia akhir September 2022 lalu karena diduga menderita gagal ginjal akut.(lal)