Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita KhususWisata Budaya dan Sejarah Ditonjolkan Desa Punten Kota Batu sebagai Daya...

Wisata Budaya dan Sejarah Ditonjolkan Desa Punten Kota Batu sebagai Daya Tarik bagi Wisatawan

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Ikon-ikon wisata berbasis potensi desa dimunculkan untuk mendongkrak pertumbuhan desa wisata di Kota Batu. Kemunculan desa wisata berkorelasi erat dengan peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat. Sebuah ironi jika sebagai kota wisata, masyarakat Kota Batu hanya menjadi penonton. Untuk itu desa wisata digenjot agar masyarakat merasakan dampak hiruk pikuk pariwisata.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dinas Pariwisata Kota Batu pun mendukung pengembangan desa wisata melalui penguatan kelembagaan. Agar pengelolaannya bisa profesional dan berdampak kesinambungan.

Dalam kelembagaan itu akan dibentuk struktur kepengurusan yang diisi oleh sosok berkomitmen dan memiliki kapasitas mengelola desa wisata. Melalui kelembagaan itu disiapkan pula akses informasi potensi desa dengan memanfaatkan medsos maupun website. Sehingga bisa mempromosikan paket-paket wisata.

“Kelembagaan ini agar pengelolaannya tidak parsial. Penguatan kelembagaan desa wisata merupakan sebuah program yang difokuskan Dinas Pariwisata saat ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Perhatian yang hanya diberikan ke destinasi wisata milik swasta bukanlah suatu cerminan dari jargon ‘Desa Berdaya, Kota Berjaya’. Untuk itu, ia ingin visi itu segera diwujudkan melalui pengembangan desa wisata. Salah satu potensi destinasi wisata yang dimunculkan kali ini yakni Desa Punten. Desa yang berada di Kecamatan Bumiaji ini aktif mempromosikan destinasinya melalui akun instagram desawisatapuntenae.

Punten memiliki berbagai macam potensi yang sangat mengagumkan, dengan karakter masyarakatnya yang gotong royong dan ramah. Mulai dari wisata, kearifan lokal, kuliner,dan budaya. Berbagai macam wisata seperti Kampung Wisata Kungkuk dan Kampung Wisata Payan ada di Desa Punten. Destinasi wisata ini memiliki kearifan lokal dan adat istiadat yang masih dijunjung tinggi. Berbagai macam atraksi seni budaya tetap lestari di sini seperti Kuda Lumping, Tari Santar atau Tari Halaman. 

Berbagai peninggalan sejarah juga terdapar di Desa Wisata Punten seperti Situs Lumpang, Watu Dakon, Gadung Melati, lalu Punden Ketumpuk, Mbah Gampeng, Purwosenjoto, Mbah Watu Gimbal, Lo Dengkol, dan Punden Sumber Gemulo. 

Bila ingin menikmati sajian kuliner Desa Wisata Punten juga memiliki tempat makan dan juga café, salah satunya Café Sitangsu, Warung Lesehan Bambu  dan masih banyak lagi lainnya. Hotel dan homestay yang sangat nyaman, ramah, aman, sehat dan menarik ada di sini seperti salah satu hotel yang sudah tak asing lagi, Hotel Purnama. 

Berikut beberapa kegiatan yang bisa  dilakukan di Desa Wisata Punten :
Paket Edukasi Pertanian [IDR 25k] (Pertanian Jeruk, Pertanian Bunga Krisan, Pertanian Bunga Mawar, Pertanian Apel, Pertanian Sayur, Pertanian Jarum Tiram)Paket Edukasi Peternakan [IDR 25k] (Peternakan Sapi, Peternakan Kelinci, Peternakan Hamster).

Paket Edukasi Industri [Kunjungan IDR 30k/Praktek IDR 100k] (Industri Keripik Apel, Industri Keripik Bayam, Industri Tingting Jahe, Industri Minuman Sari Buah, Industri Pengolahan Sampah TPS-3R)Wisata Budaya  (Tari Reog, Bantengan, Samboyo, Kuda Lumping, Pencak Silat).

Paket Outbound [IDR 180k] (Camping Ground, Adventure Jeep, Adventure ATV, Berkuda, Edukasi Kampung Ramah Anak)Paket Live Inn 2 Hari 1 Malam [Pelajar IDR 300k/Dewasa IDR 320k] min 50pax.
 Fasilitas : Homestay 1 malam, Makan 3x, Kunjungan Edukasi ke 1 lokasi, Presentasi, Gebyar Budaya, Kendaraan Shuttle.Paket Live Inn 3 Hari 2 Malam [Pelajar IDR 550k/Dewasa IDR 600k] min 50pax.
 Fasilitas : Outbound (Icebreaking+3 Haerop), Homestay 2 malam, Makan 6x, Kunjungan Edukasi ke 1 lokasi, Presentasi, Gebyar Budaya, Kendaraan Shuttle.Paket Live Inn 3 Hari 2 Malam [Pelajar IDR 420k/Dewasa IDR 470k] min 50pax.
 Fasilitas : Homestay 2 malam, Makan 5x, Kunjungan Edukasi ke 1 lokasi, Presentasi, Gebyar Budaya, Kendaraan Shuttle.Paket Studi Banding Desa Wisata
 [IDR150k] Fasilitas : Welcome Drink+snack, Workshop Desa Wisata di Balai Desa Punten, Edukasi 1 (by guest order), Edukasi 2 (Ikon Pertanian Jeruk Punten), dan makan siang dengan Nuansa Alam.

Selain beberapa hal di atas wisatwan juga dapat mengunjungi Kampung Idaman, Kampung Ramah Anak, Sumber Air Ngesong Banyuning, dan Kembang Asmoro di Desa Wisata Punten. (wok/adv/wan)

BERITA KHUSUS

Gebyar Merah Putih, Pemkot Malang Pasang Belasan Ribu Bendera

NUSADAILY.COM – KOTA MALANG – Apel pagi jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kental dengan nuansa kebangsaan, Senin (15/8/2022). Pasalnya, pada momen tersebut turut dilangsungkan...

BERITA TERBARU

Hindari Lubang, Guru TK di Magetan Tewas Terjatuh ke Dalam Kanal

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Kecelakaan lalulintas (laka lantas) tunggal menimpa seorang guru perempuan di jalan desa Jurusan Jonggrang-Mangge, desa Maron Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan,...