Silaturahmi Ramadan di Sumberbrantas, Wali Kota Batu Tekankan Prokes dan Lestarikan Lingkungan

  • Whatsapp
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri Silaturahmi Ramadan yang di Masjd Baiturrohman, Desa Sumberbrantas.
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri Silaturahmi Ramadan yang di Masjd Baiturrohman, Desa Sumberbrantas.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri Silaturahmi Ramadan di hari kesembilan pelaksanaan ibadah puasa. Kegiatan itu digelar di Masjid Jami Baiturrohman, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu (Rabu, 21/4).

Dalam kegiatan itu hadir pula Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Wakapolres Batu Kompol Suharsono, Pabung Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu Kapten Czi Widagdo yang disambut Kepala Desa Sumber Brantas, Juadi. 

Baca Juga

Baca Juga: Pemkot Batu Silaturahmi Ramadan di Masjid Sultan Agung, Santuni Yatim Piatu dan Dhuafa

Dewanti menyampaikan pesan kepada masyarakat Sumberbrantas untuk menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mengingat pada beberapa waktu lalu, dua warga Sumberbrantas meninggal karena terpapar Covid-19.

Kejadian itu membuat Desa Sumberbrantas masuk ke zona kuning peta sebaran Covid-19. Hingga akhirnya kini bisa lolos dan masuk kategori zona hijau.

Baca Juga: Safari Ramadan NasDem Banyuwangi, Ajang Silaturahmi dan Serap Aspirasi

“Utamakan protokol kesehatan dan biasakan berjemur untuk menjaga kebugaran tubuh,” kata dia dilansir Nusadaily.com.

Faktor daya dukung lingkungan juga menjadi perhatian Dewanti. Dirinya mengingatkan kepada Kades Sumberbrantas agar menanam tanaman tegakan di titik-titik yang rawan longsor.

Baca Juga: Safari Ramadan, Hari Ketiga Forkopimda Kota Bantu Mushola dan Lansia

Keberadaan pohon tegakan ini sangat diperlukan untuk memecah gelombang angin. 

Pada tahun 2019 lalu, angin kencang menerjang desa yang berada di ketinggian 1500 mdpl itu. Beberapa rumah milik warga rusak disapu kencangnya angin.

Baca Juga: Indra Bruggman Bakal ke Rumah Cita Citata Usai Ramadan

Bencana itu memantik gerakan Pemkot Batu melakukan penanaman bibit pohon cemara kipas di Desa Sumberbrantas pada Januari 2020 lalu.

“Berharap  kondisi lingkungan dapat terjaga dengan baik. Musibah angin kencang  menjadi pelajaran berharga untuk berbenah diri,” seru Dewanti saat menghadiri Silaturahmi Ramadan.

Baca Juga: Safari Ramadan, Gubernur Khofifah Salat Tarawih di Masjid Al Falah Surabaya

Dalam kegitan yang digelar Bagian Kesra Kota Batu itu diberikan pula santunan kepada 99 kaum dhuafa dan 40 anak yatim piatu se Desa Sumber Brantas.

Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh Dewanti kepada 10 anak yatim dan 10 kaum dhuafa.

Kabag Kesra Kota Batu, Hendri Suseno menuturkan, setiap penerima bantuan mendapat uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

Bagian Kesra menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk mendistribusikan santunan kepada 4000 kaum dhuafa dan anak yatim piatu se Kota Batu. Santunan itu akan disalurkan selama Ramadan.

“Santunan itu akan disalurkan selama Ramadan. Total ada 4000 orang penerima dari kaum dhuafa dan yatim piatu. Penerima tersebar dari tiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu,” tutur Hendri. (wok/adv/wan)